POPULAR STORIES

Corona Menyebar, Pertamina Pastikan Petugas Di SPBU Dalam Kondisi Sehat

Corona Menyebar, Pertamina Pastikan Petugas di SPBU dalam Kondisi Sehat Petugas SPBU sudah di periksa sebelum menjalankan tugas

KabarOto.com - Covid-19 atau yang biasa dikenal dengan Corona menjadi sesuatu yang menakutkan. Bahkan di beberapa negara dunia virus ini mematikan aktivitas di kota-kota besar. Termasuk di Jakarta dan sekitarnya. Pemerintah sudah mengumumkan untuk masyarakat belajar di rumah, bekerja di rumah dan juga beribadah di rumah.

Namun bagaimana dengan masyarakat yang tidak bisa di rumah seperti petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, tentunya menjadi sangat berbahaya bagi konsumen dan pegawai tersebut untuk lebih mudah tertular virus mematikan itu.

Baca Juga: Pertamina MOR III Siap Penuhi Kebutuhan BBM Pemudik Di Beberapa Titik

Pemberian hand sanitizer kepada konsumen usai mengisi bbm

Pertamina sendiri bukan tidak memberikan masker untuk para karyawannya, namun karena ketersediaan masker di pasaran sudah langka, oleh karena itu pegawai-pegawainya tersebut tidak diberikan masker. Namun masyarakat jangan khawatir, karena petugas-petugas di SPBU khususnya di wilayah Pertamina MOR III yang membawahi wilayah, Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten, sudah dipastikan kesehataan dan keadaannya.

"Setiap petugas baik di SPBU Swata dan juga milik Pertamina sebelum menjalankan tugasnya kita cek kesehatannya, suhu dan kondisinya. Kalau kurang sehat maka akan dipulangkan, kalau yang sehat tetap masuk," jelas Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III Dewi Sri Utami kepada KabarOto.

Pertamina juga memberikakn SOP untuk petugas agar selalu mencuci tangan dan tidak terlalu dekat dengan konsumen atau jaga jarak. "Jadi jangan takut, kami maksimalkan perlindungan konsumen dan juga petugas untuk menjaga jarak dan selalu cuci tangan untuk menjaga kebersihan," tambahnya.

SPBU self service dinilai rentan sebagai lokasi penyebaran virus Corona, setelah melakukan transaksi melalui kasir, konsumen bisa langsung menuju ke nozzle yang telah tertera dalam struck pembelian, untuk selanjutnya mengisikan BBM secara mandiri.

Kondisi seperti itulah, yang membuat nozzle menjadi salah satu faktor yang bisa menularkan virus, karena digunakan secara bergantian. Pertamina telah meyiapkan hand sanitizer di setiap pompa SPBU self service.

Baca Juga: Penjualan BBM Pertamina Menurun Sejak Berlaku WFH Dan SFH

"Di SPBU self-service, kami selalu melakukan pembersihan nozzle secara berkala menggunakan disinfektan, dan menyediakan hand sanitizer untuk dapat digunakan konsumen tepat setelah melakukan pengisian bahan bakar," jelas Dewi.