POPULAR STORIES

Crighton CR700W, Motor Bermesin Rotari Hanya 25 Unit!

Crighton CR700W, Motor Bermesin Rotari Hanya 25 Unit! Sumber Foto : Chrighton Motorcycles

KabarOto.com – Pabrikan eksotik Chrighton Motorcycles, baru-baru ini meluncurkan motor bermesin rotari berkapasitas 690 cc yaitu Crighton CR700W.

Dalam dunia otomotif, mesin rotari termasuk langka yang diterapkan di mobil atau sepeda motor. Terakhir, mesin jenis Wankel ini ditemukan di Mazda RX-8 yang berhenti produksi pada tahun 2012. Tetapi, konfigurasi mesin unik ini dihidupkan kembali oleh Bright Crighton yang dibangun untuk superbike CR700W.

Baca Juga : Yamaha R1 Tunggangan Toprak Razgatlioglu Bisa Dibeli, Hanya 21 Unit!

“Dalam banyak hal, CR700W merupakan pencapaian akhir dari karir saya. Dikembangkan dengan insiyur utama saya yang luar biasa yaitu Shamoon Qurashi. Kami mampu membangun sebuah motor balap yang ringkas dengan mesin yang luar biasa,” ungkap Brian Crighton.

Brian Crighton bukanlah nama yang asing dengan kendaraan roda dua, beliau adalah juara tiga kali di kelas 50 cc itu juga seorang insinyur. Dia juga termasuk yang mempelopori pembangunan mesin Wankel twin-motor di motor balap pada akhir 1980-an. Kala itu, dirinya menjadi insiyur teknisi di Norton, mengambil basis mesin dari Norton Commander berkapasitas 588 cc yang sudah di tuning ulang oleh Brian.

Alhasil, mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 140 dk. Padahal, mesin standar hanya memiliki keluaran tenaga 85 dk saja. Berkat Brian, superbike hasil karyanya menjuarai tiga kali di kelas 750 cc pada 1989, 1990, dan 1994 hingga akhirnya motor tersebut dilarang bertanding.

Baca Juga : BSA Gold Star 650 Hidup Lagi, Kini Berteknologi Modern

Pada akhir 2021 ini, Brian memberikan kejutan untuk meluncurkan superbike hasil kerja sama dengan Rotron Power untuk menciptakan CR700W. Motor ini dibekali mesin Wenkel yang memiliki 2 rotor berkapasitas 690 cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 223 dk di 10.500 rpm dengan torsi 142 Nm di 9.500 rpm. Tenaga tersebut disambung ke transmisi manual 6 percepatan yang dirancang sebagai modul terpisah dari mesin agar memudahkan settingan.

Tampilan mesin

Mesin tersebut digendong oleh sasis alloy Norton dengan lengan ayun sehingga beratnya termasuk ringan yaitu 129,5 kg. Berkat kombinasi tersebut, power-to-weight rasio diklaim bisa setara dengan mesin MotoGP.

Sebagai superbike dengan mesin kompak, center of gravity rendah dengan bobot ringan. Alhasil, CR700W lebih gesit dalam bermanuver. Bicara soal harga, motor ini tentu sangat mahal Sob yaitu EUR85.000 atau setara Rp 1,4 miliar. Motor ini hanya tersedia 25 unit saja di dunia dan untuk calon pembeli bisa memilih konfigurasi kaki-kaki yang diinginkan dari Bitubo atau Ohlins.

Pengereman dikawal rem Brembo

Berita Terkait

Berita Terkait