Crutchlow Juarai GP Argentina, Rossi Jatuh Disenggol Marc Marquez

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 10 Apr 2018 - 00:11
Crutchlow Juarai GP Argentina, Rossi Jatuh Disenggol Marc Marquez
Cal Crutchlow (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com- Pembalap LCR Honda, Cal Cruthclow berhasil finish terdepan pada seri kedua MotoGP Argentina yang digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (09/02). Selain itu, insiden senggolan yang melibatkan Marc Marquez dan Valentino Rossi juga mewarnai jalannya balapan.

Insiden demi insiden sudah terlihat sejak awal balapan dimulai. Yang pertama saat Race Direction memutuskan untuk menunda jalannya balapan akibat cuaca, yang semula hujan kembali cerah. Saat itu semua pembalap yang sudah memakai ban basah diwajibkan untuk mengganti dengan ban kering.

Pembalap Pramac Racing, Jack Miller menjadi satu-satunya pembalap yang memilih bertahan di lintasan karena sudah sejak awal memakai ban kering. Miller yang meraih pole position tetap berada di posisi semula. Sementara itu, 23 pebalap yang tersisa harus mundur posisi start hingga enam grid.

Begitu start dimulai, Jack Miller melesat memimpin jalannya balap diikuti oleh Dani Pedrosa, Marc Marquez dan Johann Zarco. Belum genap satu lap, Marquez berhasil menyalip Pedrosa demi tempat kedua.

Baca Juga: Brembo Keluarkan Pernyataan Resmi Soal Rem 'Rusak' Lorenzo

Insiden kembali terjadi saat balapan baru berjalan satu laps. Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa harus mengakhiri balapan lebih dini akibat terjatuh setelah bersentuhan dengan pembalap Yamaha Tech3, Johann Zarco.

Memasuki lap kelima, Marquez yang sebelumnya sudah berada di posisi pertama dikenai penalti ride through akibat jump start pada awal balapan. Rider berusia 25 tahun itu kembali masuk ke pit line, posisinya pun melorot hingga urutan ke-19.

Enam lap sebelum balapan berakhir, Crutchlow menempati posisi terdepan setelah Miller merosot ke posisi keempat akibat berbelok terlalu melebar. Sementara Marc Marquez berusaha kembali ke posisi depan setelah sempat tercecer. Satu demi satu pebalap lain dilewati, sehingga membuat Marquez menempati peringkat ke delapan.

Baca Juga: Legenda MotoGP Ini Nilai Vinales dan Lorenzo Alami Krisis Mental

Drama kembali terjadi pada laps ke-19 yang melibatkan Marc Marquez dan Valentino Rossi. Penampilan The Baby Alien yang begitu agresif, membuatnya menyenggol Valentino Rossi. The Doctor pun terjatuh akibat berbenturan dengan Marquez.

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow, berhasil meraih podium pertama setelah menyentuh garis finish paling awal. Zarco kemudian menyusul di posisi kedua dengan selisih waktu 0,025 detik, sementara Alex Rins mengisi posisi ketiga dan Jack Miller berada di tempat keempat.

Adapun Marc Marquez harus menelan pil pahit akibat mendapat hukuman penalti selama 30 detik akibat bersenggolan dengan Aleix Espargaro dan Valentino Rossi. Alhasil, posisinya turun ke peringkat 18.

Editor : rio