POPULAR STORIES

CVT Skutik Bunyi Gemerincing? Cek Bagian Ini

CVT Skutik Bunyi Gemerincing? Cek Bagian Ini Bagian CVT Honda Beat (Kipli)

KabarOto.com - Skuter matik tentu lebih mudah digunakan dibanding kopling. Banyak momponen yang melekat pada CVT. Bagian ini lebih aering mengalami kendala, salah satunya muncul bunyi gemerincing.

KabarOto menemukan contoh kasus pada Honda BeAT buatan tahun 2008, dengan pengkabutan karburator. Masalah timbul pada sistem starter manual atau mekanisme kick starter.

Sistem starter

Baca Juga: 'Oprek' CVT Skuter Matik, Haram Atau Tidak?

"Dia terhubung dengan banyak parts seperti gir, seperti gigi kampak, tonjokan starter, dan bendik dinamo starter. Semua itu bentuknya gir dan bersinggungan langsung satu dengan yang lain. Apalagi jika sudah umur pemakaian, biasanya banyak yang sudah aus, jadi timbul bunyi berisik seperti suara gemerincing itu," ujar Muhammad Rivan, mekanik sebuah bengkel motor, di kawasan Tangerang Selatan.

Kalau sudah begini, memang menurutnya jalan satu-satunya membongkar mekanisme tersebut dan menganalisanya. "Bisa dilihat gir yang sudah aus, jelas terlihat dengan yang masih 'segar'. Biasanya patah, tumpul, atau sudah tidak simetris seperti sudut gir lainnya," katanya.

Baca Juga: CVT Mobil Honda Rusak Harus Rogoh Kocek Rp80 Jutaan? Ini Kata Para Ahli

Bisa beli orisinal baru maupun orisinal seken

Kalau Sobat ingin beli baru, pastinya harus siapkan kocek dan rogoh kantong lebih dalam. Pasalnya, unit dinamo orisinalnya bisa mencapai Rp 300 ribuan. "Kalau gigi kampak, tonjokan starter dan lainnya murah, enggak sampai ratusan ribu. Kalau memang dana pas-pasan, juga ada 'copotan' yang masih layak pakai," tambahnya.