POPULAR STORIES

Daftar Perlengkapan Wajib Saat Berkendara Sepeda Motor

Daftar Perlengkapan Wajib Saat Berkendara Sepeda Motor

KabarOto.com – Berkendara sepeda memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan mengendarai mobil. Oleh sebab itu, pengendaranya harus menggunakan perlengkapan berkendara sesuai standar yang ditentukan.

Selain keahlian, berkendara sepeda motor harus menggunakan perlengkapan, seperti helm, jaket, celana panjang, sarung tangan, sepatu, dan perlengkapan pendukung lainnya.

Baca Juga : Tips Berkendara Setelah Sembuh Dari Covid-19

Menurut Chief Instructor of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, mengatakan perlengakapan berkendara yang sesuai standar merupakan kewajiban ketika berkendara sepeda motor.

“Helm harus standar SNI, jaket yang tebal, sarung tangan menutupi seluruh bagian tangan, celana panjang dan sepatu yang menutupi hingga ke mata kaki,” jelas Jusri.

Baca Juga : Perhatikan Tips Cara Mengecek Motor Sport Di Rumah

Jusri menambahkan bahwa untuk penggunaan helm hanya ada dua jenis yang diperbolehkan. Pertama helm full face, kedua adalah helm half face.

“Helm ini tidak bisa ditawar lagi, minimal sekali itu helm half face. Selain itu tidak diperbolehkan,” ungkap Jusri.

Selain perlengkapan, gaya berkendara juga harus terus diperhatikan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas, menghormati pengendara lain dan istirahat jika sudah merasa lelah.