Daihatsu Kuasai Pasar Otomotif Di Sulawesi Utara, LCGC Mendominasi

Daihatsu Kuasai Pasar Otomotif di Sulawesi Utara, LCGC Mendominasi Daihatsu Sigra (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Selama lima tahun ke belakang, penjualan Daihatsu di Sulawesi Utara diklaim paling tinggi dibanding merek-merek lainnya. Januari sampai April 2022, Daihatsu menjual 1.566 unit, Toyota 1.149 unit dan Honda 463 unit.

Kepala Wilayah Indonesia Bagian Timur PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Tulus Pambudi mengatakan, di Sulawesi Utara, year to date (ytd) April 2022 pangsa pasarnya hampir 34 persen. Toyota 25 persen dan Honda 10 persen.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan New Daihatsu Sirion Di Manado, Sulawesi Utara

Pasar mobil di Sulawesi Utara empat bulan tahun 2022 mencapai 4.621 unit. Selain itu, Daihatsu juga menguasai pasar di Gorontalo, Sulawesi Tenggara.

Daihatsu Ayla dan Sirion (Foto: ADM)


“Di Indonesia, yang sering bahkan berturut-turut nomor satu untuk Daihatsu memang di wilayah-wilayah itu," ujarnya saat Media Test Drive New Daihatsu Sirion, Selasa (21/06).

Lalu kenapa di daerah ini Daihatsu begitu laris? Tulus menjelaskan, ada beragam alasan, dari sisi karakter pasar, konsumen-konsumen di Mando dan sekitarnya cukup konsumtif dalam memilih kendaraan. "Tapi masih sangat sensitif terhadap harga," tambahnya.

Baca juga: Penjualan Daihatsu Xenia Menurun, ADM Ungkap Penyebabnya

Perihal model apa saja yang paling laris, Tulus mengatakan Low Cost Green Car (LCGC) seperti Daihatsu Sigra dan Ayla cukup diminati, kontribusinya pernah mencapai 42%, pada tahun 2019. April 2022 LCGC 38%.

Segmen lain adalah kendaraan pikap Daihatsu Gran Max mencatatkan angka 31%, Low Multi Purpose Vehicle (MPV) Xenia dan Luxio 13%, serta Low Sport Utility Vehicle (SUV) Rocky 9%. Medium SUV Terios 8% dan low city car Sirion 1%.

Keberhasilan Daihatsu meraih posisi pertama di Sulawesi Utara tidak terlepas dari beragam program penjualan yang ditawarkan, seperti paket pembiayaan dan diskon menarik, serta kemudahan PNS memiliki mobil.