Merasakan Kenyamanan New Daihatsu Sirion Di Manado, Sulawesi Utara

Merasakan Kenyamanan New Daihatsu Sirion di Manado, Sulawesi Utara Daihatsu Sirion diuji di jalan menanjak (Foto: kabarOto)

KabarOto.com - Daihatsu New Sirion diperkenalkan 2 Juni 2022 lalu. Untuk menguji performa city car ini, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak media nasional melakukan test drive di Manado, Sulawesi Utara, 21-23 Juni 2022.

Rencananya, ada 5 destinasi wisata di Minahasa Utara, Tomohon dan kota Manado akan dikunjungi. Destinasi pertama adalah Danau Linow, yang terletak di Tomohon.

Baca juga: Profil Daihatsu New Sirion

Hari pertama, KabarOto menjajal mobil ini di bangku penumpang baris belakang sebelah kanan. Duduk cukup nyaman, kaki tidak mentok dengan bangku pengemudi, masih ada ruang untuk dengkul.

Kursi belakang dirasakan lega untuk penumpang (Foto: KabarOto)

Bagasi cukup menampung lima tas dan satu koper. Masih ada ruang kosong di bagian atas, untuk membawa tas-tas kecil. Sebagai kategori city car, ruang bagasinya ini cukup lega.

Di samping bangku pengemudi dan penumpang depan, terdapat cantolan untuk meletakkan barang belanjaan. Sehingga, pemilik kendaraan yang habis berbelanja tidak perlu meletakkan di bawah. Cantolan ini mampu menahan beban sampai 3 kilogram. Di atasnya, ada tempat untuk konektor charger smartphone.

Bagasi menampung barang bawaan cukup banyak (Foto: KabarOto)

Posisi duduk meski masih tegak untuk badan, namun cukup nyaman. Saya bisa menikmati pemandangan selama perjalanan menuju Tomohon. Jalur berkelok khas pegunungan pun terasa sangat nyaman bagi penumpang belakang.

Kinerja suspensinya cukup membuat saya nyaman, namun dirasakan ada bunyi di bagian belakang sebelah kanan. Bunyi 'jeduk' itu muncul saat mobil melintasi jalan rusak. Belum diketahui apa penyebab bunyi tersebut.

Bagian pintu belakang, terdapat tempat penyimpanan satu botol minuman. Di bagian belakang jok, ada ruang untuk meletakkan barang, seperti kertas atau makanan. Namun jangan terlalu tinggi, karena pengemudi akan terhalang saat melihat kondisi jalan belakang melalui spion di dalam.

Soket untuk mengecas smartphone di samping bangku pengemudi (Foto: KabarOto)

New Sirion ini dibekali cluster MID baru, menampilkan berbagai menu informatif. Head unitnya bisa terkoneksi langsung dengan smartphone. Untuk menjaga kualitas udara di kabin, dilengkapi juga dengan air purifier yang membuat sirkulasi udara lebih bersih.

Karena cukup nyaman, saya sempat terlelap sebentar, dan tidak dirasakan sudah tiba di Danau Linouw. Untuk menuju ke danau ini, jaklannya pun menanjak, pengemudi merasakan Hill Start Assist, saat kendaraanberhenti di tanjakan mobil tidak mundur dan bisa menginjak gas lagi untuk bisa naik.

Setelah menikmati pemandangan di danau yang warnanya bisa berubah ini, kami pun berangkat menuju rumah panggung Waloan. Menempuh waktu hingga 15 menit, dan melintasi jalan perkampungan membuat masyarakat sekitar tertarik melihat mobil ini.

Baca juga: Belum Sebulan Diperkenalkan, Penjualan New Daihatsu Sirion 65 Persen Dari Target

Usai melihat rumah panggung dari kayu yang dibuat warga Tomohon, kami pun beranjak ke Hotel Grand Master untuk tujuan terakhir di hari pertama. Total jarak yang ditempuh dari Bandara Sam Ratulangi ke Danau Linouw, rumah panggung Waloan dan hotel adalah 80 km.

Hari kedua saya akan mencoba fitur-fitur dan keunggulan di mobil saingan Honda Brio ini. Jadi pantengin terus KabarOto.com untuk kepoin mobil baru jagoan Daihatsu ini.