POPULAR STORIES

Daihatsu Masih Bungkam Tentang Rocky Untuk Indonesia

Daihatsu Masih Bungkam Tentang Rocky untuk Indonesia Daihatsu Rocky (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Daihatsu Rocky pertama kali diperkenalkan di Jepang pada November 2019 lalu. Menggendong mesin yang sama dengan Toyota Raize, yakni 3 silinder DOHC turbo berkapasitas 1.000 cc. Mesin 12 katup ini mampu mengalirkan tenaga 98 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.525 mm. Rocky duduk di New Global Architecture (DNGA) Daihatsu, yang merupakan konstruksi model monokok.

Baca Juga: Mengintip Sosok Daihatsu Rocky, Kembaran Dari Toyota Raize

Material sasis Rocky, disebut menggunakan pelat baja berkualitas lebih baik untuk meningkatkan kekakuan. Sasis itu berdiri di atas suspensi MacPherson strut di depan dan suspensi belakang torsion beam.

Mobil ini sangat menarik perhatian di Jepang, dan kabarnya banyak juga yang menantikan kehadiran Rocky ini di Indonesia. Namun, Astra Daiihatsu Motor (ADM) masih belum mau membawa mobil ini ke Tanah Air.

Saat berbincang dengan media, pekan lalu melalui video conference, Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra masih belum mau blak-blakan bicara tentang Rocky di Indonesia. "Apakah penerimaan ini membuat Rocky masuk di Indonesia? sampai saat ini saya belum bisa memberitahukan, nanti pada waktunya pasti akan Daihatsu informasikan," jelas Amel.

Untuk diketahui, Daihatsu Rocky baru saja mendapatkan bintang lima (rating tertinggi) dalam uji keselamatan kendaraan JNCAP (Japan New Car Assessment Program). Rating tinggi tersebut dikeluarkan Kementerian Transportasi Jepang dan NASVA (National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid).

Menurut Amel, ada tiga aspek utama yang dievaluasi, antara lain perlindungan terhadap penumpang, perlindungan bagi pejalan kaki, dan pengingat sabuk pengaman.

Baca Juga: Daihatsu Belum Niat Bawa Rocky Ke Indonesia

"Di Jepang, permintaan Daihatsu Rocky luar biasa. Meskipun permintaan kini turun, tapi antusiasme masyarakat tentang mobil ini sangat baik. Rocky sendiri baru saja mendapatkan sertifikasi rating tertinggi di Jepang," terang Amel.