Mengintip Sosok Daihatsu Rocky, Kembaran Dari Toyota Raize

Mengintip Sosok Daihatsu Rocky, Kembaran dari Toyota Raize Daihatsu Rocky

KabarOto.com - Pekan ini, Toyota dikabarkan telah meluncurkan produk anyar mereka dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV) kompak bernama Raize, di Jepang. Ternyata, ia memiliki sudara kembar bernama Daihatsu Rocky.

Tampilan Daihatsu Rocky
Tampilan depan berbeda dengan Raize

Dari segi dimensi, kedua memiliki ukuran yang sama, dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.525 mm. "Rocky duduk di New Global Architecture (DNGA) Daihatsu, yang merupakan konstruksi monocoque," tulis Daihatsu dalam keterangannya.

Baca Juga: Toyota Raize Meluncur Pekan Ini Di Jepang

Material sasis Rocky, disebut menggunakan pelat baja berkualitas lebih baik untuk meningkatkan kekakuan. Sasis itu berdiri di atas suspensi MacPherson strut di depan dan suspensi belakang torsion beam.

Daihatsu Rocky
Menggunakan sasis monocoque yang lebih rigid

Dari segi tampilan, Rocky memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibanding Toyota Raize, terutama pada bagian depan. Rocky memiliki kisi-kisi berbentuk hexagonal yang besar, berpadu dengan bilah horizontal.

Bagian Belakang Daihatsu Rocky
Bagian belakang terlihat sporty

Selain itu, bentuk foglamp antara keduanya juga berbeda. Bila foglamp Raize berbentuk bulat dipadu dengan DRL LED horizontal, Rocky dibekali foglamp berbentuk mengotak dengan DRL LED vertikal. Desain pelek yang digunakan Rocky juga berbeda, meskipun ukurannya tetap 17 inci.

Interior Identik Toyota Raize
Interior identik dengan Raize

Bagian dapur pacu, Rocky dibekali mesin yang sama dengan Toyota Raize, yakni mesin bensin 3 silinder turbo berkapasitas 1.000 cc. Mesin 12 katup ini mampu mengalirkan tenaga 98 dk pada 6.000 rpm dan torsi 140,2 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan ke roda depan melalui transmisi D-CVT. Daihatsu mengklaim, bahwa Rocky dapat menempuh jarak 18.6 km dengan mengkonsumsi 1 liter bahan bakar.

Baca Juga: Mobil Listrik Uniti One Yang Imut Bisa Tempuh Hingga 300 Km

Menariknya, Daihatsu juga melengkapi Rocky dengan sejumlah fitur keamanan, seperti driver assistance systems, termasuk autonomous emergency braking with pedestrian detection, all-speed adaptive cruise control dan braking control, hingga Smart Panorama Parking Assist system yang menyediakan sistem bantuan kemudi dan panduan visual serta suara saat parkir.

Dilengkapi sejumlah fitur canggih

Ada delapan warna eksterior yang dapat dipilih, yaitu Black Mica Metallic, Laser Blue Crystal Shine, Mustard Yellow Mica Metallic, Fire Red Metallic, Natural Beige Mica Metallic, Shining White Pearl, Metallic Silver Bright, dan Compano Red. Tiga pilihan terakhir bisa didapat dengan sentuhan dua warna, di mana atapnya dicat hitam metalik.