POPULAR STORIES

Daihatsu Mengakui Manipulasi Data Uji Tabrak Mobil Merek Toyota

Daihatsu Mengakui Manipulasi Data Uji Tabrak Mobil Merek Toyota Toyota Yaris Ativ (Foto: Toyota)

KabarOto.com - Daihatsu yang berada di bawah naungan Toyota Motor Corporation (TMC) mengakui telah melakukan manipulasi uji tabrak yang melibatkan 88 ribu data produk yang dibuat untuk merek Toyota.

Melansir laman resmi Daihatsu, dalam uji tabrak, terdapat bagian yang tidak layak terutama di bagian pintu depan. Selain itu, Daihatsu meyakini adanya pelanggaran prosedur dan metode pengujian tabrakan samping, sehingga perlu menyelidiki masalah tersebut.

"Saat melaporkan dan berkonsultasi dengan otoritas inspeksi dan sertifikasi, kami telah mengonfirmasi dan melaporkan bahwa hal itu sesuai dengan undang-undang dan peraturan dalam pengujian ulang internal menggunakan suku cadang yang tepat," tulis Daihatsu laman resminya.

Baca Juga: Profil All New Daihatsu Ayla 1.0 X ADS

Perodua Axia

Sementara itu, Akio Toyoda, Chairman of the Board of Directors Toyota Motor Corporation menyampaikan permintaan maafnya secara langsung, dan mengatakan skandal ini sangat mempengaruhi pihaknya, karena menyangkut mobil penumpang Toyota.

"Kami akan melanjutkan penyelidikan terperinci mulai sekarang, dan kami berjanji untuk memahami dengan pasti apa yang terjadi di lokasi, menyelidiki niat sebenarnya dan bekerja dengan tulus untuk mencegah hal ini terulang kembali," kata Toyoda.

Baca Juga: Perbandingan All New Toyota Agya GR Sport Dan All Daihatsu Ayla R ADS, Beda Hampir Rp70 Jutaan

Lebih lanjut, Daihatsu mengatakan bahwa dalam uji tabrak samping, lapisan dalam pintu kursi depan dimodifikasi secara tidak benar, dan ada pelanggaran prosedur dan metode uji tabrakan yang sudah diatur.

Dari 88 ribu lebih kendaraan, sekitar 76.000 merupakan Toyota Yaris Ativ yang sebagian besar dijual di Thailand dan sekitar 11.800 Perodua Axia di Malaysia.