POPULAR STORIES

Dakar 2021-Stage 4: Tak Pernah Menangi Special Stage, Xavier Di Puncak Klasemen

Dakar 2021-Stage 4: Tak Pernah Menangi Special Stage, Xavier di Puncak Klasemen Joan Barreda Unggul di Stage 4

KabarOto.com – Kroser tim Monster Energy Honda, Joan Barreda berhasil menjuarai stage kedua kalinya di Reli Dakar 2021 usai finis tercepat di Stage 4, hari keempat (6/1), di Riyadh, Arab Saudi.

Pembalap tim Honda itu menyelesaikan spesial stage (SS) sejauh 337 km dari Wadi Ad-Dawasir menuju Riyadh dalam waktu 2 jam 46 menit 50 detik. Barreda memulai balapan ini dari posisi ke-30 dan berhasil mengambil alih posisi pertama sejak checkpoint awal di km 43 yang membuat catatan waktunya tidak terkejar lawan-lawannya hingga finis.

Baca Juga : Raffi Ahmad Dan Andre Taulany Digandeng IMI Untuk Menembus Dunia

Ross Branch (Yamaha) menjadi pembalap pertama yang menyelesaikan lomba. Namun, catatan waktu Branch tertinggal 5 menit 57 detik di belakang Barreda usai pereli asal Spanyol itu finis. Sang pereli Botswana itu harus puas sebagai runner-up dan pereli rookie Daniel Sanders yang membawa KTM melengkapi podium ketiga dengan selisih 12 detik dari Branch.

Ross Branch

“Saya menikmatinya, walau saya sedikit frustasi setelah melewatkan waypoint dari start pagi ini. kemudian saya ingin melihat seberapa cepat saya bisa melaju dan mencari tahu kecepatan motor saya,” ungkap Ross Branch.

“Tim Yamaha melakukan tugasnya dengan sangat baik dengan motor ini dan ini sangat cepat. Saya harus tetap konsisten di sisa stage yang ada untuk melihat hasil akhirnya nanti,” lanjut Branch.

Sementara itu, pereli tim HT Rally Raid Husqvarna yaitu Xavier De Soultrait finis di posisi ke-5 hari ini dan membuat posisinya naik ke puncak klasemen sementara. Pereli asal Prancis itu memiliki selisih waktu 15 detik dari Barreda.

"Sangat sulit untuk mengatur jarak di stage seperti ini. Kita harus seperti pereli gila, tapi sejauh ini kita kencang," kilah De Soultrait.

Dirinya mengakui di jalan gurun bisa melaju hingga 175 kpj. "Bisa lebih kencang, tapi saya tak begitu menyukainya. Selain itu harus teliti membaca roadbook. Bila dibandingkan lainnya, kecepatan saya sangat bagus."

Namun, stage keempat ini bukan harinya Toby Price (KTM) yang sempat memimpin di km 80. Sayangnya, Price kehilangan waktu lebih dari 5 menit di checkpoint berikutnya karena masalah navigasi.

Xavier De Soultrait

Baca Juga : Williams Perluas Kolaborasi Soal Teknis Bersama Mercedes

Alhasil membuat Juara Dakar dua kali tersebut menyudahi stage empat dengan finis lebih dari 14 menit dari Barreda dan membuat dirinya terjun bebas ke peringkat ke-8 di klasemen sementara.

“Hari ini lebih mudah dari beberapa hari sebelumnya. Saya dan Kevin sempat memimpin, tetapi saya membuat beberapa kesalahan dan membuat saya finis di posisi ke-22. Tetapi saya tetap senang karena ban dan motornya tidak ada masalah,” ungkap Toby Price.

Berikut Hasil Stage 4 dan Klasemen sementara Dakar 2021 :

Hasil Stage 4
Klasemen sementara Dakar 2021