Damon Hypersport, Apa Spesialnya Motor Listrik 200 Dk Buatan Kanada Ini?

Damon Hypersport, Apa Spesialnya Motor Listrik 200 dk Buatan Kanada Ini? Damon Hypersport menggunakan baterai 20 kWh berpendingin cair.

KabarOto.com - Damon Motorcycles, produsen motor asal Kanada baru saja meluncurkan motor listrik pertama. Motor bernama Damon Hypersport menggunakan baterai 20 kWh berpendingin cair.

Motor listrik ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 200 dk, dan berakselerasi dari 0-96 kpj dalam waktu kurang dari tiga detik. Kecepatan maksimum diklaim 320 kpj. Tenaga sebesar itu, bisa disetarakan dengan superbike bermesin 1000 cc.

Damon juga menyatakan, dengan kondisi baterai penuh, Hypersport bisa menempuh jarak hingga 323 km. Sementara untuk dalam kota bisa mencapai 482 km. Pengisian baterainya juga hanya sebentar, kurang dari tiga jam saja, dengan pengisi daya Level 2. Bobot motor ini hanya 226 kg saja, sehingga kemungkinan bermanuver di jalan raya bisa menjadi lebih mudah.

Baca Juga: BMW Akan Siapkan Wireless Charger Cepat Untuk Motor Listriknya

Damon Hypersport berakselerasi dari 0-96 kpj dalam waktu kurang dari tiga detik dengan kecepatan maksimum 320 kpj.

Damon Hypershot juga sudah dilengkapi dengan sensor canggih yang dapat memantau objek di sekitar pengendara yang menandai ada kemungkinan bahaya dengan dibekali kamera, radar, dan sensor. Pengemudi akan mendapat peringatan lewat kaca depan dan getaran haptic di genggaman setang.

Jay Giraud, kepala eksekutif Damon mengatakan, pihaknya sedang mengembangkan potensi penuh mobilitas pribadi bagi para komuter dunia, sambil mengurangi insiden pengendara di jalan.

“Kami menghabiskan tiga tahun terakhir mengembangkan platform e-motor bertenaga AI, terhubung sepenuhnya, yang menggabungkan CoPilot, sistem peringatan 360 derajat," paparnya.

Dengan membangun teknologi terbaik, motor Damon akan menjadi sepeda motor listrik paling aman dan paling canggih. Jika dilihat, motor ini tidak memiliki kaca spion, Hypersport ini menggunakan kamera di belakang, sehingga apa yang ada bisa dilihat melalui layar dasbor. Masih banyak lagi teknologi lainnya yang disematkan, di antaranya Shift yang dapat mengubah posisi jok dan setang sesuai dengan keinginan pengendaranya.

Baca Juga: Perusahaan Korsel Ini "Cek Ombak" Bisnis Motor Listrik Di Indonesia

Damon Hypersport versi standar dijual dengan harga $ 24.995 atau setara dengan Rp 343 juta. Sementara itu, versi 'Premier' yang dilengkapi dengan rem Brembo, suspensi Ohlins, dan swingarm terbuat dari serat karbon dibanderol $ 40.000 atau Rp 549 juta. Versi ini hanya diproduksi 25 unit saja.