POPULAR STORIES

Dampak Posotif MotoGP Mandalika 2023 Untuk Pariwisata Dan Perekonomian

Dampak Posotif MotoGP Mandalika 2023 untuk Pariwisata dan Perekonomian Francesco Bagnaia juara MotoGP Mandalika 2023 (Foto: Ducati)

KabarOto.com - MotoGP Mandalika 2023 bukan hanya menyajikan drama dan keseruan balapan saja, namun ajang bergengsi kelas dunia ini juga menigkatkan perekonomian dan pariwisata.

Dari segi penonton, MotoGP Mandalika 2023 sukses menarik 103.000 kunjungan penonton, melebihi target awal sebanyak 80.000 kunjungan. Perlu dicatat, ajang balap internasional ini disaksikan langsung di 200 negara dengan penonton terverifikasi mencapai hampir 500 juta orang.

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengatakan bahwa ini adalah pembuktian kepada dunia bahwa Indonesia mampu menghadirkan event sekelas MotoGP dengan sukses.

Baca Juga: Tim Gresini Racing Buka Peluang Mekanik Indonesia Hadir Di Paddock MotoGP

Penonoton MotoGP Mandalika 2023

“Para pembalap pun menyampaikan langsung bahwa kualitas sirkuit di Mandalika sangat baik, bahkan menjadi salah satu yang terbaik dari seluruh seri,” ujarnya.

Kesuksesan Indonesia GP 2023 juga tak hanya diraih dari aspek balapan saja, tetapi juga kontribusi terhadap ekonomi dan pariwisata. Dengan penyerapan ribuan tenaga kerja lokal NTB serta bergeliatnya industri pariwisata setempat menjadi katalis positif bagi perekonomian daerah yang akhirnya turut menunjang perekonomian nasional.

Hal ini pun sejalan dengan keyakinan PT Pengembangan Pariwisata Indonesia/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai perusahaan pengembang dan pengelola kawasan pariwisata, yang optimistis kontribusi Indonesian GP 2023 terhadap perekonomian nasional meningkat dibandingkan dengan tahun lalu.

Baca Juga: Juara MotoGP Mandalika 2023 Dapat Hadiah Keris Pusaka

Pemenang MotoGP Mandalika 2023

“Kami optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP dapat melebihi capaian tahun lalu, yakni lebih dari Rp 4,5 triliun,” ujar Direktur Utama ITDC Ari Respati.

Senada, Menteri BUMN Erick Thohir menilai Indonesian GP 2023 telah sukses digelar akan memberikan dampak ekonomi yang baik. Ia yakin dampak ekonomi yang dihasilkan, meningkat dibandingkan pada MotoGP Mandalika 2022.

“Pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur telah dilakukan dengan sangat matang oleh BUMN yang terlibat sehingga penyelenggaraan MotoGP kali ini jauh lebih baik,” jelas Erick Thohir.