POPULAR STORIES

Juara MotoGP Mandalika 2023 Dapat Hadiah Keris Pusaka

Juara MotoGP Mandalika 2023 Dapat Hadiah Keris Pusaka Para pemenang MotoGP Mandalika 2023 (MotoGP)

KabarOto.com - Ada yang menarik dari gelaran MotoGP Mandalika 2023 akhir pekan lalu. Di mana, para juara di masing-masing kelas mendapat 'hadiah tambahan' yakni sebuah keris.

"Selain mendapatkan trophy, para rider yang berhasil naik podium menjadi juara di masing-masing kelas, yakni Moto3, Moto2 dan MotoGP, juga diberikan keris pusaka hasil karya salah satu pengrajin dari Lombok," ujar Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2023: Francesco Bagnaia Kembali Ambil Alih

Keris pusaka tersebut diberikan pihak penyelenggara kepada para pembalap baik kelas MotoGP, Moto2 maupun Moto3 yang berhasil naik podium usai sesi konferensi pers.

Sementara, pemberian keris pusaka merupakan bagian dari strategi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk lebih memperkenalkan kekayaan warisan budaya Nusantara ke tingkat internasional. Terlebih, Keris diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda milik Indonesia.

Penyerahan keris kepada Francesco Bagnaia )Ducati lenovo) diberikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir. Keris tersebut diberi nama Ki Baru Sawo Sidakala dengan model cerite luk 9 tangkis, sure dan ngulit semangka.

Baca Juga: Tembus Target, MotoGP Mandalika 2023 Catatkan 103.000 Pengunjung

Keris Ki Baru Lomboq Gumi Paer berjenis Cacaran Dungkul dengan panjang 40 cm diberikan oleh Menparekraf, Sandiaga Uno kepada Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan ketis ketiga Ki Baru Siwaq Sempurne diserahkan langsung oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi kepada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).