Dasbor Toyota Vellfire Sering Berminyak, Ini Penyebab Dan Cara Menghilangkannya

Dasbor Toyota Vellfire Sering Berminyak, Ini Penyebab dan Cara Menghilangkannya Foto: Sigit/KabarOto

KabarOto.com – Bagian dasbor merupakan salah satu bagian paling penting di dalam kabin mobil. Namun, ketika dasbor terlihat lengket dan berminyak, maka akan mengganngu penglihatan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Dasbor mobil yang berminyak biasanya terjadi pada bahan-bahan soft touch seperti yang ada pada Toyota Vellfire generasi kedua ke atas.

Menurut Ferry selaku Pemilik Carvarian Restorers menjelaskan bahwa penyakit dasbor berminyak biasa terjadi pada mobil-mobil seperti Toyota Alphard, Vellfire dan Camry.

Baca Juga : Tips Memiliih Lampu LED Untuk Berkendara Aman Dan Nyaman

Noda minyak di dashboard

“Sebenarnya minyak itu berasal dari pewangi khas bawaan mobil. Selain itu, mobil sering terjemur matahari saat parkir karena tidak ada sirkulasi angin di dalam kabin. Panas menyerap, kalo dibiarkan akan berminyak,” jelas Ferry.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Ferry mengatakan bahwa minyak ini tidak bisa dihilangkan. Apalagi dibersihkan dengan bahan kimia, yang malah merusak bagian lain di dasbor mobil.

“Pengerjaan yang bisa dilakukan adalah menghilangkan elemen minyak terlebih dahulu, kemudian dilapisi dengan bahan kulit baru,” kata Ferry.

Baca Juga : Tips Menerawang Bodi Dan Biaya Restorasi Mobil Klasik Sebelum Meminangnya

Jika kulit dasbor sudah dibersihkan dan diganti dengan yang baru. Pemilik mobil hanya perlu melakukan perawatan rutin dengan membersikan dengan cairan pembersih.

“Pengerjaan ini memakan waktu setengah hari. Biayanya Rp2,5 juta untuk Toyota Alphard, Vellfire dan Camry,” pungkas Ferry.

Sebagai informasi, Carvarian Restorers merupakan bengkel spesialis restorasi interior mobil yang berlokasi Jl Serua raya Ciputat Tangerang Selatan.