Datsun Tutup Tahun Depan, Bagaimana Nasib Suku Cadangnya?

Datsun Tutup Tahun Depan, Bagaimana Nasib Suku Cadangnya? Foto: Kipli/Datsun Jakarta

KabarOto.com - Ramai berhembus kabar merek Datsun bakal ditutup tahun depan di Indonesia setelah eksistensinya selama 6 tahun. Banyak pengguna yang bertanya-tanya tentang nasib mobil mereka beberapa tahun kemudian, apakah stok spare parts-nya aman?

Kabaroto mencoba menelusuri beberapa bengkel spesialis Nissan Datsun yang berada di kawasan Tangerang dan Tangerang Selatan, rata-rata mereka berani menjamin bahwa stok suku cadang aman hingga jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Pabrik Di Purwakarta Tak Lagi Produksi, Datsun "Lempar Handuk"?

"Fast moving parts seperti busi, kampas rem, kampas kopling dan lainnya masih aman (stok) dalam jangka waktu beberapa tahun kedepan. Hampir semua spare parts aman kok," ujar Basri pemilik Arrow Motor, BSD, Tangerang Selatan.

Beralih ke bengkel spesialis Nissan Datsun di kawasan Tangerang, Alamsyah selaku pemilik Berkah Nissan Datsun angkat bicara, "Kita sih memastikan semua suku cadang aman ya, jadi mau overhaul pun ketika suatu saat entah belasan tahun kedepan sudah susah (spare part), kita masih bisa 'kanibal' dari suku cadang merek lain atau aftermarket," ujar pria yang berkantor di kawasan Cikupa, Tangerang.

Kita lihat beberapa tahun kedepan, ketika Datsun pusat sudah mengumumkan penutupan secara global, apakah aftersales service mereka tetap bisa diandalkan?