POPULAR STORIES

David Sintala, Anak Muda Maluku Ikuti FIA Formula 4

David Sintala, Anak Muda Maluku Ikuti FIA Formula 4 Pressconfrence David Sintala (Foto : DJS)

David Sitanala, anak muda asli Maluku yang prestasinya mencuat di arena Gokart, akan melangkah lebih tinggi dengan mengikuti ajang balapan FIA Formula 4 di China pada musim balap 2017 mendatang.

Pemuda berusia 17 tahun yang memiliki ciri khas tersendiri dengan selalu menyebut dirinya ‘Jong Ambon’ dan menggunakan atribut Maluku saban balap ini, akhirnya dapat mewujudkan cita-citanya untuk turun di balapan single seater FIA Formula 4.

Prestasi David Sitanala yang menjangkau skala internasional, sekaligus kecintaannya kepada Maluku, menggugah Gubernur Provinsi Maluku, Ir. Said Assagaf dan Ketua DPRD Maluku, Edwin Huwae untuk mendukung cita-cita David “naik kelas” ke ajang Formula 4 di China.

Dengan didampingi Ketua Ikatan Motorsport Indonesia (IMI) Maluku, Sandy Wattimena, pada bulan Juli 2016 lalu, David bertemu dengan Gubernur dan Ketua DPRD Maluku. Kedua pejabat daerah ini memberikan apresiasi khusus karena David telah mengharumkan nama Maluku di luar negeri. Bahkan David selalu mempromosikan keindahan alam Maluku kepada kawan-kawannya di luar negeri dan mengajak mereka berkunjung ke Maluku.

“Saya senang dan merasa terhormat mendapat kepercayaan dari Gubernur Maluku dan pejabat Pemda Maluku serta DPRD. Harapan saya anak muda Maluku selalu bangga terhadap asalnya dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk berprestasi sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ungkap David Sitanala.

“David merupakan salah satu kader IMI Maluku yang telah menunjukkan prestasi mendunia. Kami senang dan bangga mengetahui bahwa David telah berprestasi dalam usianya yang masih muda. Dari IMI Maluku, kami akan selalu mendukung David untuk terus maju dan mengharumkan nama Maluku di arena internasional,” tambah Sandy Wattimena, Ketua IMI Maluku.

Selain itu dukungan terhadap prestasi dan perjalanan David menuju Formula 4 juga diterima David dari Ketua Umum KONI Maluku, Karel Albert Ralahalu, yang juga adalah mantan Gubernur Provinsi Maluku, periode 2003 – 2013. Karel menyatakan bahwa KONI Maluku selalu mendorong bibit-bibit muda olahragawan Maluku untuk berprestasi tidak hanya di Maluku tapi di arena internasional. Dan dukungan itu salah satunya ditunjukkan dengan mendukung David untuk berlaga di ajang balap Formula 4 2017 di China.

Dukungan penuh yang diberikan oleh Pemda Maluku menjadi bukti komitmen dan keseriusan Pemda Maluku melihat David sebagai salah satu aset daerah yang harus disokong untuk mengharumkan nama Maluku di arena internasional. Diharapkan apa yang David dapatkan bisa menjadi contoh untuk Pemda lainnya yang juga memiliki talenta muda berbakat dan berprestasi di daerahnya agar aspirasi mereka di bidang apapun dapat terealisasi demi mengharumkan nama daerahnya di luar negeri.

Dengan dukungan penuh yang didapat, semangat David untuk menjadi The Next Formula Driver from Indonesia, akan semakin mudah. Rencananya David akan mengikuti 18 balapan di beberapa tempat di China.

“Program persiapan David menuju FIA Formula 4 2017 di China sudah kami siapkan sejak awal tahun ini,” kata Stanley Iriawan, Manager David dari Iriawan Racing Development. “David tidak pernah putus mengikuti latihan fisik dan mental yang dilakukan oleh pelatihnya, Dennis Van Rhee. Selain itu bulan Februari 2017, David akan melakukan testing dengan beberapa tim papan atas Formula 4 di China. Tujuannya adalah untuk mengetahui dan memilih tim yang tepat, yang dapat memenuhi kebutuhan David untuk berprestasi dan meraih podium,” jelas Stanley.

Target utama David untuk musim pertamanya adalah meraih podium pada balapan FIA Formula 4. Manajemen David pun yakin David bisa meraih hal tersebut. Potensi dan kemampuan David akan semakin terpacu seiring keikutsertaan David melakukan tes mobil Formula 4. “David memiliki semangat seorang pemenang dalam dirinya yang luar biasa dan konsisten,” ungkap Stanley yakin.

Baca juga :