POPULAR STORIES

DCVI Berencana Bawa Bus Listrik Ke Indonesia Tahun 2023

DCVI Berencana Bawa Bus Listrik ke Indonesia Tahun 2023 Ilustrasi Bus Daimler Mercedes-Benz OF 917 Karoseri Laksana (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) mendukung langkah pemerintah dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Memperkenalkan bus listrik untuk sektor transportasi publik, pada tahun 2023 mendatang.

Nantinya, bus listrik akan diimpor DCVI dari pabrik Daimler di Brazil, dan dirakit di Indonesia oleh industri karoseri lokal, dengan supervisi perakitan bodi bus langsung oleh Daimler.

Baca juga : Daimler Truck Hadirkan Truk GenH2 Berbahan Bakar Hidrogen

Faustina, Head of Product and Marketing PT DCVI mengatakan, DCVI pernah mengajak beberapa pengusaha otobus, jaringan diler dan industri karoseri ke Brazil, untuk melihat langsung produksi bus listrik.

Mercedes-Benz Axor Euro 4 yang diluncurkan di Indonesia

"Kunjungan ini untuk mempersiapkan bus listrik untuk masuk di Indonesia. Untuk industri karoseri, agar mereka ada gambaran bagaimana proses perakitan bus listrik," jelas Faustina, Senin (12/12/2022).

Baca juga : Daimler Tanam Bibit Mangrove Di Nusa Dua Bali Sebanyak Penjualan Kendaraannya

Karoseri yang di ajak ke pabrik Daimler di Brazil, diantaranya PO Lorena, PO Mayasari Bakti, PT Transjakarta, serta perwakilan dari Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia atau IPOMI.

Sebagai informasi, Mayasari Bakti merupakan salah satu operator bus TransJakarta, dan banyak mengoperasikan armada bus TransJakarta bermesin Mercedes-Benz.

"Nantinya bus listrik yang akan diperkenalakan di Indonesia, wujudnya masih prototipe dulu. Baru dilanjutkan ke versi produksinya," tutup Faustina.