Daimler Truck Hadirkan Truk GenH2 Berbahan Bakar Hidrogen

Daimler Truck Hadirkan Truk GenH2 Berbahan Bakar Hidrogen Pengembangan truk GenH2 (Foto: Daimler Truck)

KabarOto.com - Daimler Truck memperluas jangkauan kendaraannya dengan menghadirkan truk berbahan bakar hidrogen pada paruh kedua dekade ini.

Penggerak berbasis hidrogen diklaim dapat menjadi solusi lebih baik terutama untuk keperluan yang fleksibel demi memenuhi kebutuhan angkutan barang jarak jauh. Truk ini memiliki kegunaan yang sama dengan truk konvensional, ketika memilih kendaraan, perusahaan transportasi membuat keputusan pembelian rasional berdasarkan total biaya kepemilikan.

Para insinyur Daimler Truck mengembangkan Truk GenH2 berdasarkan karakteristik truk jarak jauh Mercedes-Benz Actros konvensional dalam hal muatan, jangkauan, dan kinerja. Tujuannya adalah untuk menawarkan varian Truk GenH2 yang diproduksi dengan muatan 25 ton dengan berat kotor 40 ton.

Baca juga: Bollinger B4, Truk Listrik Mirip Isuzu Elf Mampu Tempuh Jarak 321 Km

Pengisian bahan bakar hidrogen

Dua tangki hidrogen cair khusus dan sistem sel bahan bakar memungkinkan truk memiliki muatan tinggi dengan jangkauan jarak yang jauh. Tangki ini terbuat dari baja tahan karat dan ditujukan untuk versi seri Truk GenH2 dengan kapasitas penyimpanan 80 kilogram (masing-masing 40 kg).

Dalam versi Truk GenH2, sistem sel bahan bakar akan memasok 2 x150 kilowatt dan baterai akan menyediakan tambahan 400 kW untuk tambahan. Pada 70 kWh, kapasitas penyimpanan baterai relatif rendah, karena tidak dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan energi, tetapi untuk memberikan dukungan daya situasional pada sel bahan bakar, misalnya selama beban puncak saat berakselerasi atau saat menanjak dengan muatan penuh.

Baca juga: Agar Lebih Update, Truk Listrik Tesla Semi Dapat Ubahan Desain

Pada saat yang sama, baterai yang relatif ringan memungkinkan muatan yang lebih tinggi. Baterai ini juga dapat diisi ulang dengan energi pengereman regenerative seperti energi sel bahan bakar berlebih. Dalam versi pra-seri, kedua motor listrik dirancang untuk total daya berlanjut 2 x 230 kW dan daya maksimum 2 x 330 kW. Torsi masing-masing adalah 2 x 1577 Nm dan 2 x 2071 Nm.

Bersama dengan Grup Volvo, Daimler Truck berkomitmen untuk sel bahan bakar berbasis hidrogen. Kedua perusahaan mendirikan joint venture cellcentric mereka pada tahun 2021. Untuk itu, perseroan berencana mendirikan salah satu fasilitas produksi seri terbesar di Eropa mulai tahun 2025.