Debut Nissan GT-R LM NISMO di Le Mans 2015

Alif Sowandono
Alif Sowandono 14 Jul 2015 - 01:34
Debut Nissan GT-R LM NISMO di Le Mans 2015
Salah satu mobil Nissan GT-R LM NISMO yang ikut Le Mans 2015 (foto:24h-lemans.com)

Debut pertama Nissan GT-R LM NISMO di kelas P1 pada balapan ketahanan  24 Heures du Mans bulan lalu memang mengecewakan, ketiga unit mobil di kelas P1 lebih lamban dibandingkan dengan mobil di kelas P2 dan dari 3 mobil yang dilibatkan hanya 1 yang finish walau tanpa meraih kemenangan.

Bagaimanapun juga harus diakui keberanian Nissan membuat mobil balap Le Mans hybrid yang cukup aneh dengan konfigurasi mesin depan dan penggerak roda depan, sedangkan mobil peserta Le Mans lainnya memiliki konfigurasi posisi mesin tengah dan penggerak roda belakang. Akibat konfigurasi yang tak lazim tersebut dan performa yang mengecewakan tersebut, Nissan dianggap menyinggung beberapa fans balap dan peserta tim garis keras balapan ketahanan yang legendaris ini hingga beberapa komentar senada dari beberapa kru tim kompetitor menyebutkan bahwa Nissan tidak serius terlibat dalam balapan ini dan Nissan hanya menghamburkan uang yang seharusnya tidak perlu dilakukan. Dari ketiga unit GT-R LM NISMO yang disertakan dalam balap Le Mans, terdapat masalah seperti berikut:

- Mobil dengan nomor 21 dikemudikan oleh Tsugio Matsuda, Mark Shulzhitskiy dan Lucas Ordoñez. Memiliki warna sama seperti Nissan R90CK ya mendapatkan pole position pada kompetisi Le Mans ditahun 1990 dan mobil ini merupakan unit GT-R LM pertama yang gagal finish karena kerusakan dibagian roda setelah balapan berlangsung selama 9 jam.

- Mobil dengan nomor 22 yang dikemudikan oleh Harry Tincknell, Michael Krumm dan Alex Buncombe hanya satu-satunya unit GT-R LM yang finish namun tidak masuk dalam klasifikasi kejuaraan. Mobil ini finish dengan selirih 153 lap dibelakang pemenang lomba, mobil Porsche 919 Hybrid dengan nomor 19.

- Mobil dengan Nomor 23 yang dikemudikan oleh Olivier Pla, Jann Mardenborough dan Max Chilton merupakan mobil kedua yang gagal finish dengan jarak 1 jam sebelum waktu finish karena kerusakan di bagian suspensi.

Untuk melihat kiprah Nissan GT-R LM NISMO pada balap Le Mans, silahkan simak video berikut yang berisi komentar dari Darren Cox (NISMO Global Head of Brand, Marketing and Sales) serta komentar dari beberapa pebalap di tim Nissan

Baca juga: