POPULAR STORIES

Dengan 5 Fitur Ini, Konsumen Bisa Bedakan Oli Asli Dan Palsu

Dengan 5 Fitur Ini, Konsumen Bisa Bedakan Oli Asli dan Palsu Membedakan oli paklsu dan asli dengan 5 fitur (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Pelumas merupakan cairan yang penting bagi sebuah kendaraan, baik itu mobi, motor maupun kapal. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga performa mesin. Untuk itu, dalam memilih pelumas tidak boleh sembarangan.

Senior SE Retail Bogor, Sales Region III PT Pertamina Lubricants, Rizal Wahyu Abdillah menjelaskan, pelumas harus pas dengan persyaratan pabrikan. "Karena juga akan berhubungan dengan usia mesin awet atau tidak," kata Rizal Wahyu Abdillah, saat diskusi dengan wartawan otomotif nasional, Rabu kemarin (16/02).

Pertamina Lubricants sebagai produsen pelumas juga tak henti-henti mengingatkan, agar masyarakat tidak terkecoh dengan oli palsu, yang berkedok harga murah. Untuk mengantisipasi pelumas buatan mereka dipalsukan, mereka membekali seluruh botol pelumas dengan fitur keamanan.

Baca Juga: Pelumas Buatan Indonesia Tembus Pasar Internasional

Pelumas Pertamina Lubricants, dilapisi dengan fitur keamanan (Foto: Istimewa)

Rizal menegaskan, dalam kemasan pelumas Pertamina Lubricants mudah dikenali dengan seksama pada saat tahap awal melihat dan memegang. Karena telah dilengkapi dengan 5 fitur keamanan, seperti triple layer, nomor batch yang ada pada bagian botol, pengaman UV, hologram original yang terdapat pada tutup botol.

Selain itu, juga terdapat teknologi kekinian yang dapat mengetahui produk tersebut asli atau palsu. "Itu dengan menghadirkan QR code di kemasannya," terang Rizal. Dengan lima fitur tersebut, konsumen bisa membedakan mana pelumas kemasan asli atau palsu.

Berikut penjelasan tentang 5 fitur tersebut. Triple layer yang ada pada kemasan bekerja untuk menjaga pelumas tidak mudah bocor. Hal ini juga meminimalkan terjadinya pemalsuan.

Kemudian ada batch number pada kemasan, yang berguna untuk memberikan pengetahuan kepada konsumen, bahwa pelumas dibuat dengan kualitas terbaik dari Gen IV dan VII. "Nomor Batch itu hadir untuk memberikan informasi kepada konsumen, bahwa pelumas ini hadir dengan kualitas terbaik," jelas Rizal.

Baca Juga: PTT Lubricants Hadirkan Pelumas, Harga Mulai Dari Rp30 Ribuan

Pengaman UV, untuk mencegah adanya konsumen yang masih bingung dan ragu akan barang palsu dalam pemilihan pelumas. "Pengaman UV itu berguna untuk membedakan produk yang asli dan palsu," tambahnya. Kemasan jika disinari lampu UV akan ada logo dan juga tulisan Pertamina serta kode lainnya.

Lalu hologram yang menjadi penanda penting keaslian pelumas, karena setiap produk yang dikeluarkan oleh PT Pertamina Lubrricants sudah dilengkapi dengan fitur hologram tersebut.

PT Pertamina Lubricants juga menghadirkan sistem QR code yang menjadikan konsumen Pertamina Lubricants tidak hilang arah dalam memilih produk pelumas asli.