POPULAR STORIES

Pelumas Buatan Indonesia Tembus Pasar Internasional

Pelumas Buatan Indonesia Tembus Pasar Internasional Fastron, pelumas buatan Pertamina Lubricants masuk ke pasar Internasional

KabarOto.com - Siapa bilang produk-produk buatan Indonesia tidak diakui dunia internasional. Buktinya pelumas buatan anak bangsa sukses menembus pasar Internasional dan sudah dijual di beberapa negara dunia.

Pertamina Lubricants perusahaan milik negara ini menyebut, produknya bernama Fastron telah dipasarkan di 14 negara di benua Asia, Afrika, dan Australia.Pertamina Lubricants ini sudah memiliki distributor pelumas di 12 negara di Asia, 2 distributor Afrika yakni di Afrika Selatan dan Nigeria, serta 1 distributor dan 2 sub-distributor di Australia.

Baca Juga: Gandeng Pertamina, BPPT Luncurkan 2 SPKLU Di Jakarta

Direktur Utama Pertamina Lubricants, Ageng Giriyono, menyebut, ekspansi ke pasar luar negeri sudah dimulai sejak 7 tahun silam. Tahun 2021 ini, mereka secara resmi mengakuisisi salah satu produsen pelumas di Bangkok, Thailand.


Sejak itu, perusahaan di Thailand ini menjadi ujung tombak perusahaan untuk mengembangkan pasar dan memperluas cakupan pemasaran di pasar Asia dan Indochina pada khususnya.

“Akuisisi ini merupakan milestone Pertamina Lubricants menuju world class lubricants company dengan memperkuat posisi di pasar regional," terangnya, belum lama ini. Posisi Pertamina Lubricants di negara-negara berkembang yang berpotensi besar seperti Vietnam, Kamboja, Myanmar, dan Laos, serta tentunya Thailand sangat baik.

Ekspansi berlanjut, dan pada tahun 2018 secara resmi memiliki Representative Office Australia yang berlokasi di Sydney sebagai komitmen mereka melayani konsumen di benua Australia.

Baca Juga: Tekan Angka Emisi Karbon, Pertamina Kerjasama Dengan ExxonMobil

Tak sampai di situ, Fastron juga dipercaya bagi pabrikan mobil internasional, sejak tahun 2020 sampai sekarang, menjadi technical partner Lamborghini dalam ajang balap GT3 dan Super Trofeo Championship. Hal ini memperkuat eksistensi dan kualitas pelumas dalam negeri yang dapat diandalkan dan digunakan di event balap internasional.