POPULAR STORIES

Deretan Bodi Sleeper Bus Rakitan Karoseri Indonesia

Deretan Bodi Sleeper Bus Rakitan Karoseri Indonesia  Avante H9 Priority (foto: KO/Gata)

KabarOto.com - Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) saat ini banyak mengalami perbahan dari segi pelayanan, satunya Perusahaan Otobus (PO) yang berlomba menyajikan bus premium armada sleeper.

Tentunya memiliki range harga, serta fasilitas yang lebih banyak dibandingkan kelas eksekutif biasa. Bus kursi sleeper ini memiliki tirai penutup sendiri sehingga lebih privasi. Diberikan seperti camilan, air mineral serta service makan prasmanan.

Berikut ini adalah karoseri di Indonesia yang memproduksi kabin sleeper, dan telah digunakan oleh bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Baca juga: Tambah 1 Bus Baru Dari Karoseri Adiputro, PO 27trans Pakai Bodi SHD Dan Sasis Hino

Jetbus 5
Jetbus 5 Dream Coach. (foto: KO/Gata)

Aero 9 SLR

Karoseri New Armada beberapa waktu yang lalu meluncurkan bodi bus dengan kabin sleeper pertamanya yang dipesan sebanyak 2 unit oleh PO asal Sulawesi yakni Bintang Zahira Transport. Bodi ini dinamakan Aero 9 SLR yang memiliki arti Aero yaitu bus ini memiliki sasis space frame, 9 itu yakni ketinggian bus 3,9 serta SLR itu menandakan bahwa bus ini menggunakan kabin Sleeper.

Jetbus Dream Coach

Untuk deretan bus yang menggunakan kabin sleeper rakitan karoseri Adiputro ini diberi nama Dream Coach, baik di seri Jetbus 3 ataupun bodi terbaru mereka yang diluncurkan di ajang GIIAS 2023 lalu yakni Jetbus 5.

Patriot SE238M

Pada bulan Agustus 2023 lalu, PO Juragan99 Trans merilis 2 bus sleeper terbarunya garapan karoseri Morodadi Prima yang diberi nama Patriot SE. Kedua armada itu menjadi sleeper bus pertama yang di rakit oleh karoseri asal Malang, Jawa Timur tersebut.

Desain dari bus tersebut tampil dengan bodi kotak serta memiliki model double glass, kemudian memiliki kabin yang mewah berkat penataan cahaya yang baik serta ornamen – ornamen tambahan yang mengiasi kabin itu sendiri.

Baca juga: Diam-Diam, PO Juragan 99 Trans Rilis Dua Bus SHD Baru Dari Adiputro

Avante Priority

Sementara untuk karoseri Tentrem memiliki bodi bus sleeper yang diberi nama Avante Priority. Berlokasi di Malang, Jawa Timur, tipe bodi bus ini juga sudah digunakan oleh beberapa Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia seperti PO Harapan Indah dan PO Harapan Jaya.

SR3 Suites Class

Karoseri Laksana menamai armada sleeper yang dirakitnya dengan sebutan Suites Class, selain itu terdapat pula kabin dengan suites combi yang mana terdapat kombinasi antara kursi biasa dengan kabin sleeper serta suites family yang memiliki 2 kursi sleeper dibagian kanan dan 1 kursi sleeper dibagian kiri.