Desain Vespa Primavera Dijiplak Manufaktur Asal Tiongkok, Piaggio Menangkan Gugatan

Desain Vespa Primavera Dijiplak Manufaktur asal Tiongkok, Piaggio Menangkan Gugatan Vespa Primavera (Piaggio)

KabarOto.com - Tak dapat dipungkiri, Tiongkok memiliki industri yang sangat besar dalam berbagai sektor. Mulai dari elektronik, alat kesehatan hingga otomotif, semua bisa dibuat di negara tersebut.

Tak hanya kemampuan produksinya saja yang terkenal, namun Tiongkok juga dikenal dengan keahliannya dalam menduplikat model merek-merek dunia yang sudah ada. Paling baru, model kendaraan yang dicontek adalah Vespa Primavera.

Baca Juga: Piaggio Luncurkan Primavera Yacht Club Edition, Ini Harganya!

Hal itu, membuat pihak Piaggio menjadi berang. Permasalahan dimulai ketika dua merek motor Tiongkok, Motolux dan Dayi Motor, meniru desain Vespa Primavera untuk dua skuter yang diperlihatkan di EICMA 2019.

Melihat hal tersebut, produsen skuter legendaris asal Italia itu merasa keberatan dan melapor ke pada pihak berwenang dalam pameran tersebut. Alhasil, dua skuter itu diturunkan dari booth mereka dan tidak diperbolehkan untuk mengikuti pameran.

Vespa asli (kiri) Motorlux (kanan) foto: Phuket News

Tak sampai di situ, Piaggio juga membawa masalah ini ke ranah hukum. Setelah melalui berbagai proses panjang, Piaggio akhirnya mengumumkan bahwa Lembaga Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO) akan membatalkan pendaftaran desain motor, yang diajukan perusahaan Motolux dan juga Dayi Motor.

"Piaggio Group mengumumkan bahwa desain yang didaftarkan pihak Tiongkok, yang digunakan untuk menjustifikasi produksi skuter yang serupa dengan Vespa, telah dinyatakan tidak sah oleh divisi ketidakabsahan dari European Union Intellectual Property Office (EUIPO)," jelas Piaggio.

Divisi ketidakabsahan EUIPO menganulir pendaftaran desain tersebut, karena dinilai tidak mampu memancing kesan umum yang berbeda sebagaimana didapatkan dari desain terdaftar Vespa Primavera.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Vespa Primavera sendiri, telah dilindungi oleh paten desain yang didaftarkan oleh Piaggio Group pada 2013. Saat ini Piaggio memang tengah gencar memerangi peniruan desain produknya.

Bahkan, hingga dua tahun terakhir, tercatat sudah ada 50 perusahaan yang dibatalkan izin dagangnya karena adanya laporan dari Piaggio kepada pihak ketiga.