Detail Ubahan Mesin All New Honda PCX 160, Beda Dengan PCX 150

Detail Ubahan Mesin All New Honda PCX 160, Beda dengan PCX 150 All New Honda PCX 160 gunakan mesin eSP+

KabarOto.com - All New Honda PCX 160 baru pekan lalu baru saja diperkenalkan oleh Astra Honda Motor (AHM). Banyak ubahan yang dilakukan, salah satunya adalah mesin. Jumpei Omori selaku Large Project Leader PCX 2021, dari Monozikuri sebagai Center Motorcycle Business Hadquarter Honda Motor Co Jepang, menjelaskan saat peluncuran, Jum'at kemarin (05/02).

Jumpei Omori menegaskan, power unit eSP+ rancangan baru ini menghasilkan tenaga yang lebih tinggi dari model sebelumnya. Selain itu juga memberikan dampak lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga: Honda PCX 150 Akan Dihentikan Produksinya

Detail ubahan mesin All New PCX, yaitu 156,9 cc, meningkat 7 cc dari sebelumnya, yaitu 149 cc. Selain kapasitas yang lebih besar, motor ini juga menggunakan 4 katup, model lama hanya 2 katup.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan, campuran udara dan bahan bakar jadi lebih baik. Diameter piston saat ini 60 x 55,5, sebelumnya 57,3 x 57,9.

Detail ubahan mesin PCX 160 (Foto:Dok presentasi AHM)

Sementara itu perbandingan kompresi All New PCX 160 12:1 untuk PCX 150 10,6:1. "Semua bagian mesin adalah baru, seperti blok mesin dan lainnya. Mulai dari cylinder head sampai crank case," terang Endro kepada KabarOto.com, hari ini (08/02).

Jumpei Omori menjelaskan tentang ubahan yang dilakukan pada sektor ini, membuat mesin bisa menghasilkan tenaga maksimal 15,5 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm di 6.500 rpm.

"Bagian crank shaft juga telah didesain baru agar rigiditas lebih meningkat. Selain itu juga dapat memberi kontribusi untuk mencapai output power yang ditargetkan. Dapat mengurangi noise dan vibrasi," jelas Omori.

Air Intake sistem All New Honda PCX 160 (Foto: Presentasi AHM)

Omori menambahkan, motor ini sudah dibekali dengan Piston Oil Jet, yang berfungsi mengurangi hambatan dan meningkatkan rasio kompresi. Dia juga memaparkan cara kerjanya. Oli disemprotkan ke bagian belakang piston, sehingga pendinginan lebih efisien, juga bisa meningkatkan waktu pembakaran.

Baca Juga: All New Honda PCX 160 Belum Disematkan Fitur Konektivitas, Ini Jawaban AHM

"Piston oil jet bekerja mendinginkan piston serta mencegah pembakaran yang tidak normal seperti knocking," jelasnya.

Mesin eSP+ ini sudah dibekali dengan hydraulic cam chain tensioner lifter. Fungsinya dapat mengurangi gesekan dan suara, juga getaran mesin secara bersamaan.

Selain itu, jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet diperluas, diameter throttle body-nya lebih besar, fungsinya untuk meningkatkan efisiensi intake.