POPULAR STORIES

Di Jepang, Bus Tanpa Sopir Digunakan Di Area Persawahan

Di Jepang, Bus Tanpa Sopir Digunakan di Area Persawahan Bus Otonom (istimewa)

Kabaroto.com - Pemerintah Jepang mengujicoba teknologi bus otonom atau bus tanpa sopir. Kendaraan itu rencananya bakal digunakan untuk membantu kalangan lanjut usia (lansia).

Uji coba dilakukan di daerah terpencil di Kota Nishikata, Prefektur Tochigi, bersamaan dengan musim panen padi pada bulan ini.

Berbeda dengan negara lain, seperti Singapura, Australia, dan di Eropa, yang justru menjajal kendaraan canggih ini di kota besar, Jepang justru memilih daerah terpencil. Ini bukan tanpa alasan.

Jepang akan memulai pengoperasian bus tanpa sopir di daerah terpencil secara massal pada 2020. Namun sebelum itu otoritas terkait melakukan uji coba.

Pemerintah Jepang akan mengubah fungsi halte menjadi tempat transit yang bisa membawa kalangan lanjut usia ke berbagai tempat seperti rumah sakit, pasar, atau bank.

"Penurunan populasi kalangan lanjut usia di kota-kota kecil di Jepang lebih cepat dibandingkan perkotaan. Di sana tidak ada cukup pekerja yang bisa mengoperasikan bus dan taksi," kata Hiroshi Nakajima, dari perusahaan pembuat software automotif, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (12/9/2017).