POPULAR STORIES

Diprediksi Oktober 2020 Selesai, Tol Cinere-Serpong Terus Dikebut

Diprediksi Oktober 2020 Selesai, Tol Cinere-Serpong Terus Dikebut

KabarOto.com - Saat ini sejumlah ruas tol sudah dibangun untuk mempermudah akses dari satu wilayah ke wilayah lain. Saat ini Jalan Tol Serpong-Cinere pengerjaannya terus dikebut oleh PT Jasa Marga (Persero) supaya bisa selesai tepat waktu. Awalnya, ruas tol baru ini diharapkan bisa selesai sebelum Hari Raya Idul Fitri 2020.

Sampai saat ini tahap konstruksinya sudah berjalan hampir 90 persen dimana sedang melakukan pekerjaan mainroad, drainase, dinding penahan tanah, serta oprit overpass. Seluruh rangkaian pengerjaan ini diharapkan bisa selesai akhir Oktober 2020 mendatang.

Baca Juga: Dua Ruas Tol Baru Siap Beroperasi Hubungkan Kawasan Produktif

Dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ), mereka menjelaskan bahwa pengadaan tanah Seksi 1 sudah mencapai 96 persen dan konstruksinya 92,04 persen. Sementara Seksi 2 sudah 79,35 persen untuk pengadaan tanah dan 61,14 utnuk progres konstruksinya.

"Secara total progres pengadaan tanah telah mencapai 91,23 persen dan progres konstruksi telah mencapai 82,69 persen," jelas Direktur Utama PT CSJ, Ayu Widya Kiswari.

Jalan Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 2. Nantinya, Jalan Tol Serpong-Cinere akan terhubung dengan ruas tol Kunciran-Serpong dari arah Barat.

Tol Serpong-Cinere terdiri dari dua seksi yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 km. Keseluruhan Jalan Tol baru ini terbentang sepanjang 10,14 km.

Baca Juga: Gratis Sampai Akhir Tahun 2019, Begini Kondisi Jalan Tol Kunciran-Serpong

"Nantinya, ruas Jalan Tol Serpong-Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere," jelas Ayu kepada KabarOto (11/2).

Rencananya, Tol Serpong-Cinere akan dioperasikan pada 2021 dan memiliki satu junction yang terhubung dengan ruas Jakarta-Serpong dan Serpong-Kunciran. Selain itu, ada 1 interchange yang terhubung yaitu jalan nasional RE Martadinata.

Apabila sudah beroperasi, diharapkan Tol Serpong-Cinere bisa jadi salah satu alternatif bagi masyarakat yang menuju Bandara Soekarno-Hatta. Ini juga bisa digunakan untuk mobilitas dari arah Tangerang Selatan menuju Jakarta via Tol Serpong-Kunciran.