Disela Touring, VVC Juga Baksos Kesehatan Mata Pelajar Di Sumatera

Disela Touring, VVC Juga Baksos Kesehatan Mata Pelajar di Sumatera VVC

KabarOto.com - Sebagai salah satu agenda perjalanan wisata jarak jauh bertema ‘VVC Tour Sumatera 2021’ yang berlangsung dari 19 November hingga 5 Desember 2021, Volkswagen Van Club mengklaim akan menyempatkan diri menjalankan program bakti sosialnya. Aksi baksos tersebut akan dilakukan di lokasi tujuan touring yakni di kota Padang dan Bukittinggi.

Menurut Ketua Umum VVC, Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar, MM., bakti sosial merupakan kegiatan yang diusahakan tetap ada di setiap aktivitas VVC. Kali ini melekat pada touring VVC membelah wilayah Sumatera. Untuk ide touring ke Sumatera ini kebetulan berawal dari niat anggota VVC lainnya yakni Handarko, Ruchyat, dan Dwi yang ingin melakukan perjalanan bersama ke Sumatera.

“Nah, bertepatan program kepengurusan baru, ide ini kemudian dilempar ke grup VVC yang akhirnya mendapat respon anggota lain yang ingin ikut. Memang, di kita itu ada program yang sifatnya terencana dan lainnya bersifat dadakan. Namun tetap semuanya harus dirancang rapih dan detail agar perjalanan berlangsung lancar dan aman,” jelas Pudji.

Baca juga: Donasi Bencana NTT, Mocaves Gelar Tangerang Charity Ride

Menurut Pudji, dalam perjalanan persiapan ini, muncul lagi ide lain dari Roesmanhadi, mantan Kapolri yang juga Dewan Penasehat VVC yang ikut menjadi peserta. “Pak Roesmanhadi menawarkan, kalau hanya sampai Padang sepertinya tanggung, jadi dilanjut hingga Aceh. Akhirnya kita putuskan menjadi 2 grup. Grup pertama usai giat di Sumbar dan pulang ke Jakarta, Grup kedua usai giat di Sumbar, langsung lanjut perjalanan menuju Kilometer Nol Sabang,” jelas Komisioner Kompolnas ini.

Ia menegaskan kalau diupayakan setiap kegiatan VVC ada kegiatan sosialnya. Baik yang direncanakan maupun yang dadakan. “Akhirnya saya mencoba membantu mencari kenalan yang bisa membantu proses aktivitas bakti sosial di lokasi tujuan touring. Kali ini saya ajak pak Yusuf, salah satu presiden Lions Club Indonesia yang juga terbiasa melakukan bakti sosial,” jelas Pudji menjelaskan latar belakang adanya kolaborasi dalam bakti sosial ini.

Pudji menyampaikan kalau dirinya bersama teman se-klubnya akan melakukan perjalanan touring ke Sumatera. “Akhirnya kita bisa mengatur sebuah giat baksos berupa bantuan pemeriksaan mata gratis berikut kacamata gratis bila diperlukan bagi para pelajar SD hingga SMP di seputaran kota Padang dan Bukittinggi.”

Baca juga: Motor Custom Gendong Mesin VW Kodok

Pada tanggal 23-24 November jadwal baksos pemeriksaan mata dari anak-anak pelajar SD dan SMP, SMA. Semuanya diklaim sudah dikomunikasikan dan didaftar. “Jadi nanti pada saatnya tanggal 23-24 itu mereka tinggal datang untuk diperiksa. Yang memeriksa itu tim dokter mata Lions Club yang juga sudah bekerja sama dengan optik-optik setempat untuk pemeriksaannya,” jelas Pudji.

Selesai diperiksa, hasilnya semua dibawa ke Jakarta. Lalu sekitar satu atau dua minggu proses pembuatan kacamatanya selesai, akan dikirim lagi ke mereka yang membutuhkan. “Jadi mulai dari periksa hingga kacamatanya jadi dan terkirim itu, semuanya gratis. Nah seperti itu model bentuk bantuan sosialnya.”