POPULAR STORIES

Motor Custom Gendong Mesin VW Kodok

Motor Custom Gendong Mesin VW Kodok Motor custom yang menggunakan mesin mobil VW 1.600cc dual port (istimewa)

KabarOto.com - Bersanding dengan mobil-mobil buatan Jerman, motor custom basic mobil VW berhasil membuat pengunjung Jogjakarta Volkswagen Festival 2017 terpana. Motor garapan seorang builder dari rumah Retro Classic Cycles, Lulut Wahyudi itu, sengaja dihadirkan dalam event Jogjakarta Volkswagen Festival (JVWF) 2017, yang berlangsung November lalu.

Motor berpenampilan klasik ini menggendong mesin mobil VW 1.600cc dual port, dengan penyematan frame DOM tubing 1,25 inci dan 1,5inci dengan sudut rake 30 derajat untuk menyesuaikan dudukan mesin mobil VW Kodok tersebut.

Baca Juga:

Guna menjaga akurasi kesesuaian antara dimensi dan bobot mesin, Lulut sangat detail memperhatikan ukuran ketebalan, sudut serta kemiringan sasis.

Motor berpenampilan klasik ini menggunakan mesin mobil VW 1.600cc dual port, dengan penyematan frame DOM tubing 1,25inci dan 1,5inci dengan sudut rake 30 derajat untuk menyesuaikan kedudukan mesin mobil VW Kodok tersebut. Dengan lebih memperhatikan ukuran ketebalan, sudut serta kemiringan sasis, akurasinya sendiri sudah disesuaikan antara dimensi dan bobot mesin.

Tidak hanya itu, Lulut juga merancang ulang bagian transmisi agar pengoperasian kopling hidrauliknya sama seperti motor. Transmisi yang ditempatkan di kaki dengan mekanis khusus empat percepatan, dan transaxle-nya, dibuat ulang atau dicustom.

“Motor ini saya persembahkan untuk dunia kustom kultur Indonesia dengan memanfaatkan kesukaan saya terhadap VW, selanjutnya dibuatkan dalam sosok motor kustom. Semua rancangan frame hingga modifikasi bagian transmisi kami kerjakan di bengkel dengan akurasi yang tepat. Tujuannya agar tetap nyaman dikendarai.”

Pada sektor kaki-kaki, dirinya tetap mempertimbangkan kenyamanan, meskipun secara total waktu yang dibutuhkan dalam pembangunan motor ini hanya sebulan. Untuk suspensi disesuaikan dengan fork depan teleskopik 41 mili meter lansiran Mid USA, dan shockbreaker belakang Ohlins.

Sementara untuk velg depan belakang ukurannya dibuat sama yakni, 16 inci dengan lebar 3,5 inci alumunium alloy yang dibalut ban Avon Speedmaster MK II berukuran 5.00. Untuk pengereman bagian depan dan belakang sudah dibekali diskbraker full floating rotor lengkap dengan kaliper dual piston.

Berita Terkait

Berita Terkait