POPULAR STORIES

Diskon! Tarif Tol Padaleunyi Dan Tol Cipularang Kembali Ke Awal, Khusus Golongan I

Diskon! Tarif Tol Padaleunyi dan Tol Cipularang Kembali ke Awal, Khusus Golongan I

KabarOto.com - Beberapa waktu lalu PT Jasa Marga melalui media sosialnya sudah memberitahukan bahwa akan ada perubahan tarif tol Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi).

Mulai 5 September Jasa Marga melakukan penyesuaian tarif. Melihat respon masyarakat, kini ada diskon tarif untuk kendaraan pribadi atau Golongan I.

"Adanya diskon ini maka pengguna jalan Golongan I membayar tarif sesuai dengan jumlah semula sebelum tarif disesuaikan (tarif awal)," ujar ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru.

Baca Juga: Mulai 5 September Penyesuaian Tarif Ruas Tol Cipularang Dan Padaleunyi

Heru juga menjelaskan, diskon ini akan berlaku mulai 6 September karena pihaknya harus menerapkan setting sistem peralatan. Sementara itu, untuk Golongan II sampai IV tetap berlaku tarif baru setelah dilakukan penyesuaian.

Dalam penyesuaian ini, ada penurunan tarif untuk kendaraan logistik Golongan III dan IV. Hal tersebut dilakukan untuk mendorong mobilitas serta aksesibilitas logistik nasional.

Nampaknya penyesuaian tarif tersebut cukup menjadi buah bibir. Pasalnya, Jasa Marga mengubah tarif di tengah pandemik. Seperti yang diketahui kondisi perekonomian masyarakat sangat berdampak akibat virus Corona atau Covid-19. Namun, Jasa Marga memberi klarifikasi bahwa mereka telah menimbang dampak tersebut.

Baca Juga: Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran Bakal Kurangi Kepadatan Di JORR I

Dijelaskan lebih lanjut sebenarnya Jasa Marga telah mendapat regulasi yang dikeluarkan oleh Kementerian PUPR, di mana penyesuaian tarif dilakukan Februari 2020. Namun, melihat kondisi pandemik Jasa Marga baru melakukan penyesuaian tarif pada September ini.

"Memang baru direncanakan akan diberlakukan di bulan September tahun 2020, penundaan kurang lebih 7 bulan Jasa Marga telah mempertimbangkan dampak dari pandemik Covid-19 terhadap ekonomi masyarakat," ujar Heru.