POPULAR STORIES

Dominasi Angka Kecelakaan, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik Dengan Sepeda Motor

Dominasi Angka Kecelakaan, Masyarakat Diimbau Tidak Mudik dengan Sepeda Motor Mudik dengan sepeda motor

KabarOto.com - Menjadi tradisi masyarakat Tanah Air, mudik ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri dilakukan dengan beragam cara. Selain menggunakan transportasi umum, juga memilih mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Karena menjadi kendaraan yang rawan kecelakaan di jalan, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.

Baca Juga : Simak Jadwal One Way Dan Contraflow Di Jalur Mudik 2023

"Saya mengimbau pemudik untuk tidak menggunakan sepeda motor karena data yang kita miliki menjelaskan, dari 100 persen, 78 persen kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalan melibatkan sepeda motor," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan dalam diskusi publik.

Sebagai solusi, masyarakat diminta menggunakan fasilitas mudik gratis yang telah disediakan pemerintah. Nantinya sepeda motor bisa dikirim menggunakan kereta api atau truk, sehingga dapat dikendarai di kampung halaman.

"Silakan mendaftar, karena pemerintah telah menyediakan kendaraan truk untuk mengangkut sepeda motor dan pemudiknya menggunakan bus," tutur Aan.

Baca Juga : Perlengkapan Yang Dibawa Bus Mobile Workshop Hino, Di Jalur Mudik Jawa Dan Sumatera

Sebelumnya, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, terdapat 123 juta pemudik akan melakukan perjalanan tahun ini. Angka tersebut naik 14,2 persen dibandingkan tahun 2022.

"Nanti H-7 akan melakukan Operasi Ketupat, karena biasanya telah terjadi peningkatan aktivitas masyarakat secara signifikan," ujarnya.