POPULAR STORIES

Perlengkapan Yang Dibawa Bus Mobile Workshop Hino, Di Jalur Mudik Jawa Dan Sumatera

Perlengkapan yang Dibawa Bus Mobile Workshop Hino, di Jalur Mudik Jawa dan Sumatera Mobile Workshop Hino (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) membuat gebrakan baru, menghadirkan Mobile Workshop pertama, menggunakan sasis AK Series dibuat oleh karoseri Laksana.

Bus ini, nantinya akan mendukung pengoperasian armada customernya yang menggunakan armada bus dan truk di jalur mudik Jawa dan Sumatera. Seperti apa spesifikasi dan isi bus ini?

Baca Juga: Program Hino Di Jalur Mudik Jawa Dan Sumatera, Layanan Bengkel Sampai Promo Suku Cadang

Bus berwarna biru ini, secara tampilan sama seperti transportasi publik pada umumnya, namun di kaca depan terdapat besi yang menutupi bagian ini, seperti truk Polisi pengaman demonstrasi. Fungsinya untuk melindungi kaca dari benturan benda keras seperti batu atau lainnya.

Ruang pengemudi (Foto-foto: KabarOto)

Eksterior lampu depan bentuknya menyipit, terlihat modern, sudah menggunakan LED, terdapat lampu sein di samping lampu utama. Ada tiga bagasi, pertama di kanan, diletakkan dua buah disepenser untuk menyalurkan oli, takarannya diseusaikan dengan kebutuhan kendaraan konsumen.

Bagasi belakang terdapat mesin generator untuk menggerakkan crane. Sementara itu, bagasi kanan di antara pintu depan dan belakang, terdapat dongkrak serta tools kit dan lainnya.

Tempat tidur dan beristirahat crew bus

Masuk ke kabin, ada 4 empat ruangan yang dibatasi dengan sekat dan pintu untuk akses keluar masuk. Pertama ruang pengemudi dan crew-nya, dengan sistem pengemudi standar, ac dan juga tape.

Masuk ke ruang kedua, terdapat tempat tidur tingkat bisa digunakan oleh dua orang, letaknya ada di sisi kanan bus, sisi kirinya terdapat lima buah kursi berjajar ke samping layaknya Trans Jakarta. Tempat ini fungsinya untuk istirahat crew bus, yang bertugas selama perjalanan. Untuk hiburan, terdapat TV LED TV yang letaknya ada di sudut ruangan.

Ruang penyimpanan suku cadang

Ruang ketiga untuk terdapat dua buah rak di sisi kanan dan kiri. Di atasnya terdapat suku cadang fast moving, seperti kampas rem dan lainnya, tersusun rapi. Semuanya untuk mensupply kebutuhan di lokasi bengkel siaga yang membutuhkan.

Kemudian ruang keempat atau belakang, terdapat sebuah kamar mandi, ada tiga drum oli yang sudah terhubung ke dispenser. Di belakangnya, ada crane hidrolik, pengoperasiannya digerakkan oleh tenaga mesin generator, yang berada di bagasi belakang. Mampu mengangkat beban hingga 2 ton. Ini digunakan untuk kendaraan yang mengalami kerusakan cukup berat.

Drum oli dan crane di ruang belakang

Bus Mobile Workshop ini mampu menangani 16 unit Hino 500 Series atau medium duty truck, atau 22 unit tipe Hino 300 Series atau light duty. Mobile Workshop yang siap melayani kendaraan Euro4 ini, menggunakan sasis Hino AK8, dibekali mesin diesel berkapasitas 7.684 cc, posisinya ada di depan, di bawah pengemudi.

Mampu menghasilkan tenaga maksimal 212 dk, di putaran 2.500 rpm, dan torsi maksimal 620 Nm, pada putaran 1.500 rpm. Mesin tersebut didukung transmisi manual 6 percepatan.

Bagasi samping membawa dongkrak dan peralatan lain

Hino Bus Mobile Workshop akan menjangkau konsumen yang jauh dari diler, atau service on site. Nantinya, bus ini akan mensuplai suku cadang di posko mudik, dan juga melakukan servis kendaraan konsumen yang membutuhkan penanganan khusus.

Baca Juga: Hino Telematic Safety Driving Competition Pecahkan Rekor MURI

Irwan Supriyono, After Sales Director HMSI mengatakan, mekanik Hino siap memberi layanan perbaikan yang membutuhkan atau situasi emergency. “Kita siap melayani service on site, cukup dengan telepon atau WA Hino customer call center, petugas akan siap membantu,” ungkapnya. Ada enam mekanik berpengalaman yang akan siap di dalam bus ini.