POPULAR STORIES

Dorna Sport Pastikan Balapan MotoGP Tidak Banyak Berubah

Dorna Sport Pastikan  Balapan MotoGP Tidak Banyak Berubah Ilustrasi balapan MotoGP 2024 (Foto: 37_pedroacosta)

KabarOto.com - Liberty Media Corporation resmi mengakusisi MotoGP dengan saham sebesar 86 persen. Di mana, Dorna Sport selaku promotor menyisahkan saham sebesar 14 persen.

Diketahui, pemilik saham mayoritas baru juga merupakan pemilik ajang balap Formula 1. Ada kabar menyebutkan agenda dua ajang balap ini akan disatukan dan akan menghapus umbrella girl.

Mendengar hal tersebut, Dorna Sport langsung membantahnya. Menurutnya prosedur balapan MotoGP tidak akan berubah, sebab sudah dinilai cukup baik.

Baca Juga: Jadwal Lengkap MotoGP Amerika Serikat 2024

Balapan MotoGP lebih banyak digelar di Asia (Foto: 88jorge martin)

Balapan di Eropa Akan Dikurangi Jumlahnya

"Perjanjian ini tidak mengubah prosedur apapun terkait balapan MotoGP. Kedatangan tim dan pabrikan baru juga dilakukan secara terbuka dan kompetitif," ungkap Bos Dorna, Carlos Ezpeleta dikutip dari Motosan.

Namun, Ezpeleta mengatakan kemungkinan jadwal MotoGP akan mengalami perubahan. Liberty Media berencana mengurangi balapan di Eropa dan menyasar lokasi lain yang dianggap lebih menguntungkan seperti di Asia.

"Jika membuka pasar baru, seperti yang seharusnya kita lakukan, pasti akan ada lebih sedikit balapan di Eropa. Tapi, itu akan terjadi setelah tahun 2027," jelas Ezpeleta.

Baca Juga: Yamaha Mencari Tim Satelit di MotoGP, Ini Dua Kandidat Terkuatnya

Perjanjian Akan Berdampak Pada Olahraga Lain

Selain itu, perubahan tidak akan berdampak pada MotoGP saja, melainkan juga Moto2, Moto3, MotoE dan Superbike. Tapi, perjanjian masih mungkin berubah sebelum musim berakhir.

"Perjanjian tidak akan ditutup sebelum akhir 2024. Kita semua adalah penggemar olahraga dan sudah seharusnya optimis," tutup Ezpeleta.