Dorna Sports Tanggapi Rencana Suzuki Cabut Dari MotoGP

Dorna Sports Tanggapi Rencana Suzuki Cabut dari MotoGP Tim Suzuki di MotoGP (Foto: Suzuki)

KabarOto.com - Suzuki dikabarkan bakal cabut dari MotoGP di akhir musim 2022. Masalah finansial yang menggangu saat Pandemi Covid-19 menjadi satu alasan pabrikan asal Jepang itu mundur.

Namun, Dorna Sports sebagai penyelenggara balapan bergengsi dunia itu menyatakan, jika pabrikan berlambang 'S' tersebut tak bisa begitu saja pergi dari event itu.

Baca Juga: Suzuki Meraih Kemenangan Di Endurance 24H Le Mans 2022

Suzuki sendiri, memiliki kontrak dengan Dorna sampai tahun 2026 mendatang. Jika rencana itu berjalan, Dorna akan memberikan pinalti, Suzukipun harus membayar sesuai dengan kontrak. Suzuki pun belum memberikan pernyataan resmi terkait rencana ini.

Dua pembalap Suzuki di MotoGP (Foto: MotoGP)

Dikutip dari Crash, Dorna telah melakukan pembicaraan dengan Suzuki terkait hal ini. Mereka tegaskan, Suzuki tidak bisa begitu saja mundur, kontrak harus dihormati.

"Terkait rumor kepergian Suzuki dari MotoGP di akhir musim 2022, Dorna Sports sudah menghubungi secara resmi pabrikan tersebut bahwa ada klausul dalam kontrak yang melarang mereka untuk mengambil keputusan secara sepihak," isi pernyataan Dorna.

Namun, masih menurut pernyataan Dorna, jika memang Suzuki akhirnya mundur setelah adanya kesepakatan antara dua pihak, Dorna kemudian akan memutuskan lagi soal jumlah pembalap dan tim yang ideal untuk MotoGP 2023.

Baca Juga: Suzuki Tertarik Turun Di Moto2

Dorna pun menyebut, jika banyak konfirmasi dari banyak pabrikan dan tim independen ingin bergabung di MotoGP. Alasan mereka, olah raga ini sudah memiliki fans di seluruh negara dunia.