POPULAR STORIES

Double Podium Di Arab Saudi Buat Mercedes AMG Petronas Semakin Jauhi Red Bull Racing

Double Podium di Arab Saudi Buat Mercedes AMG Petronas Semakin Jauhi Red Bull Racing

KabarOto.com – Balapan di Jeddah yang penuh drama membuahkan hasil manis bagi Mercedes-AMG Petronas, setelah kedua pembalap mereka mendapat double podium Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas.

Total poin Hamilton sekarang menyamai Max Verstappen (Red Bull Racing) dengan total 369,5 poin, ditambah balapan hanya tersisa satu seri di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Sehingga penentuan siapa juara dunia bakal ditentukan langsung di sirkuit Yas Marina akhir pekan ini.

"Memenangkan balapan hari ini, dengan cara yang dramatis, saya pikir Lewis pantas mendapatkannya. Kami bisa saja tersingkir beberapa kali dengan sayap depan yang patah itu adalah balapan yang spektakuler," kata Toto Wolff, Kepala tim Mercedes-AMG Petronas.

Baca juga: Hasil F1 Arab Saudi 2021, Poin Lewis Hamilton Menyamai Max Verstappen

Sekarang Mercedes-AMG Petronas memuncaki klasemen konstruktor dengan 587,5 poin. Diikuti oleh rival mereka Red Bull Racing, yang hanya mendapat poin dari Verstappen, setelah Sergio Perez gagal melanjutkan balapan. Kini total poin Red Bull Racing adalah 559,5 poin.

Di bawahnya ada persaingan lain antara Scuderia Ferrari dan McLaren. Ferrari mendapat double poin usai Charles Leclerc dan Carlos Sainz masing-masing finis ketujuh dan delapan, membuat total jadi 307,5 poin. Sementara McLaren menambah 15 poin membuat total 269 poin, lewat Daniel Ricciardo finis kelima dan Lando Norris pada posisi sepuluh.

Persaingan Alpine dan AlphaTauri juga cukup ketat, Alpine menggungguli dengan 149 poin, dengan AlphaTauri 120 poin. Aloine mendapat poin dari Esteban Ocon yang finis posisi empat disalip Bottas di beberapa meter sebelum finis, serta AlphaTauri dari Pierre Gasly berhasil finis keenam.

"Perasaan yang sulit sekarang, kami memberikan semuanya dalam balapan itu, ini akhir yang membuat frustrasi karena kami memiliki tempat ketiga untuk seluruh balapan. Tim melakukan pekerjaan yang luar biasa, mobilnya tepat tetapi kami berjuang di tempat yang berbeda dengan Mercedes-AMG Petronas dan kehilangan tempat ketiga," papar Ocon.

Baca juga: Juara Dunia F1 2021 Belum Bisa Ditebak, Max Verstappen Atau Lewis Hamilton?

Aston Martin tetap 77 poin, kedua pembalap mereka gagal mendapat poin usai Lance Stroll finis posisi 11, dan Sebastian Vettel tidak menjutkan balapan. Lalu Williams juga masih bertahan dengan 23 poin setelah George Russell ditabrak Nikita Mazepin (Haas) dan Nicholas Latifi finis posisi 12.

Alfa Romeo mendapat poin hiburan dari Antonio Giovinazzi yang finis kesembilan, sehingga total poin sekarang 13 poin. Sementara Haas kehilangan dua mobilnya yang tidak bisa melanjutkan balapan akibat Mick Schumacher menabrak tembok, dan Mazepin menabrak Russell.

Klasemen Konstruktor F1 2021 Usai GP Arab Saudi :