POPULAR STORIES

Hasil F1 Arab Saudi 2021, Poin Lewis Hamilton Menyamai Max Verstappen

Hasil F1 Arab Saudi 2021, Poin Lewis Hamilton Menyamai Max Verstappen Sumber: Formula 1

KabarOto.com – Balapan berjalan dengan lancar duet Mercedes-AMG Petronas memimpin di depan, Lewis Hamilton menempati posisi pertama, diikuti oleh Valtteri Bottas di tempat kedua.

Sementara Max Verstappen (Red Bull Racing) mengikuti di posisi ketiga. Kemudian ada Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan rekan setim Verstappen, Sergio Perez.

Lap ke 10, Mick Schumacher mengalami kecelakaan, bendera kuning dikibarkan. Tim Mercedes-AMG Petronas masuk pit dan mengganti ban dengan kompon keras, sedangkan Verstappen memanfaatkan untuk ambil alih posisi pertama dengan tidak masuk pit.

Baca juga: F1 Spanyol Akan Digelar Di Catalunya Hingga 2026

Tidak lama kemudian bendera merah dikibarkan, balapan dihentikan sementara karena dinding pembatas yang rusak. Di sini barulah Verstappen memanfaatkan waktu untuk mengganti ban kompon keras.

Tak lama setelah balapan dimulai lap 14, bendera merah kembali dikibarkan. Kecelakaan Nikita Mazepin (Haas) menabrak bagian belakang George Russell (Williams). Sergio Perez berseggolan dengan Leclerc, membuat mobilnya menabrak dinding dan sayap depannya rusak.

Verstappen kembali menggunakan kompon medium, memulai dari posisi 3, karena pelanggaran. Lalu Hamilton juga memulai dari posisi 2, dan pemimpin balapan adalah Esteban Ocon (Alpine). Start dimulai dengan baik, Verstappen secara impresif mengambil sisi dalam ditikungan pertama, dan menyusul Ocon ditikungan berikutnya.

Persaingan Hamilton dengan Verstappen ini begitu ketat sampai lap 38, Verstappen diberitahukan untuk memberi lewat Hamilton. Namun posisinya kurang tepat, hingga juara dunia tujuh kali itu menabrak ban belakang Verstappen. Serta melanjutkan balapan dengan kondisi sayap depan rusak.

"Saya sudah balapan lama, tapi itu sangat sulit! Saya mencoba untuk menjadi sekuat dan setenang mungkin di luar sana, dengan semua pengalaman saya selama bertahun-tahun. Itu sulit, tetapi kami bertahan sebagai sebuah tim," ujar Hamilton.

Dengan kemenangan ini, maka poin Hamilton dan Verstappen menjadi sama yakni 369,6 poin. Dengan menyisakan satu seri terakhir, yang menentukan siapa juara dunia 2021.

"Itu sangat penting, banyak hal terjadi yang tidak sepenuhnya saya setujui, tetapi itulah adanya. Saya melambat, saya ingin membiarkannya (Hamilton) lewat, saya berada di kanan tetapi dia tidak ingin menyalip dan kami bersentuhan. Saya tidak begitu mengerti apa yang terjadi di sana," jelas Verstappen.

Baca juga: Memacu Adrenalin, Begini Reaksi Pembalap Usai Jajal Sirkuit Jeddah

Di lap terakhir, persaingan memperebutkan tempat ketiga juga tidak kalah seru. Persaingan Esteban Ocon dan Valtteri Bottas akhirnya dimenangi oleh Bottas. Hanya beberapa meter sebelum finis, Bottas menyalip Ocon.

"Itu bukan hari yang mudah dengan semua bendera merah. Tidak mudah untuk menyalip tetapi saya terus mendorong dan itu bagus untuk mengambil tempat podium diakhir," ucap Bottas.

Hasil F1 Arab Saudi 2021 :