DS E-Tense Performance, Punya 8.000 Nm!

DS E-Tense Performance, Punya 8.000 Nm! DS Automobiles

KabarOto.com - Sport coupe masa depan diterjemahkan oleh salah satu brand Pracis DS Automobiles, andalkan sumber ternaga listrik DS E-Tense Performance. Namun masih berupa purwarupa dan bakal menjadi tolok ukur desain kendaraan yang bakal dilansir.

Dikembangkan oleh divisi khusus yang menangani balapan mobil listrik Formula E yakni DS Performance. Terbilang sukses, karena menyabet titel tim dan pembalap untuk dua tahun ikuti gelaran.

Baca juga: Calon Mobil Listrik Nissan Berbentuk Hatchback!

Adapun DS E-Tense Performance ini berbasis dari struktur karbon monokok, disokong oleh motor listrik ganda berkekuatan 600 kW dengan sistem gerak empat roda.

Sasis, sumber tenaga, dan baterai dikemas sebagai solusi inovatif mendorong kendaraan masa depan di era listrik murni.

"Objektif kami adalah menerapkan pengalaman kami di Formula E dan kemampuan yang telah terbukti di kejuaraan internasional sebagai karya yang dapat digunakan di kendaraan listrik performa tinggi nantinya," ujar Thomas Chevaucher, DS Performance Director.

Dirinya menambahkan E-Tense Performance sebagai laboratorium yang digunakan menganalisa berbagai fungsi komponen dan mengembangkan dengan pandangan produksi masa depan.

"Idenya juga mendapatkan solusi biaya murah, mudah diproduksi dan bisa diimplementasikan ke berbagai jajaran produk. Masa depan jajaran E-Tense bergantung dari pengembangan konsep ini," yakin Thomas.

Dikembangkan dari dunia balap, peranti suspensinya memiliki geometri khusus yang membuat mobil bisa menapak baik ketika diajak bermanuver. Oh iya, dua motor listiknya memiliki tugas sendiri, untuk depan kerahkan tenaga 250 kW atau setara 335 dk dan untuk motor listrik penggerak roda belakang punya 350 kW atau setara 469 dk.



Membicarakan torsinya sunggah dahsyat, mencapai 8.000 Nm diukur di roda. Sistem regeneratif digunakan untuk pengereman, meskipun terdapat juga rem cakram dengan kampasnya.

Baterainya menjadi hal penting di DS E-Tense Performance, dibungkus oleh carbon-aluminium composite yang didesain khusus oleh DS Performance. Penempatannya di tengah bagian belakang untuk mendapatkan distribusi bobot terbaik. Wajar bila diklaim 0-100 kpj hanya perlu 2 detik.

Baterai terinspirasi oleh hasil kerjasama dengan TotalEnergies dan subsidiary Saft. Merupakan sumber energi bertengangan tinggi dan sudah diantsipasi sistem pendinginan untuk setiap selnya berupa solusi Quartz EV Fluid.

Nah, yang membuat DS E-Tense Performance enak dipandang adalah bentuk rangkaian LED sebagai pendaran ke jalan raya, ternyata terdapat 800 buah susunan lampu. Selain itu beetle-effect membuat warna mobil terlihat unik, tergantung dari arah mana melihat, namun tetap ada warna hitam mengilap. Ditambah pelek 21 inci, diklaim menunjang aerodinamika.

Baca juga: Kejar Target Tahun 2025, Jaguar Kembangkan Platform Mobil Listrik

Saat melihat kabin, akan memberi kesan berada di mobil performa tinggi berupa jok model bucket dan juga lingkar kemudi terinspirasi dari Formula E. Trim khusus dengan material kulit hitam.

Saat berkendara di kemacetan, terdapat pengusir kebosanan infotainment dengan berbagai fitur, didukung peranti audio lansiran Focal Utopia dan sepasang speaker eksklusif Scala Utopia Evo.