POPULAR STORIES

Dua Edisi Toyota GR Yaris WRC Edition Peringati Gelar Juara WRC 2023

Dua Edisi Toyota GR Yaris WRC Edition Peringati Gelar Juara WRC 2023 Toyota GR Yaris WRC Edition (Foto: Toyota/Carscoop)

KabarOto.com - Toyota GR Yaris memenangkan enam balapan selama World Rally Championship (WRC) 2023, di bawah kendali pembalap Sebastian Ogier dan Kalle Rovanpera.

Untuk merayakan kemenangan mereka, dan fakta bahwa tim tersebut memenangkan kejuaraan pabrikan, perusahaan telah merilis sepasang model GR Yaris yang disetel secara khusus.

Model ini menampilkan mode berkendara khusus, modifikasi, dan desain, serta desain yang terinspirasi oleh hot hatch Toyota.

Terdapat stiker kemenangan WRC khusus di spatbor

Mereka ditugaskan oleh bos Toyota, Akio Toyoda untuk memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada para pembalap yang mengasah dan mengembangkan mobil Toyota di reli.

"Kepada semua tim yang memberi kami kesempatan tersebut, dan kepada penyelenggara reli dan semua pihak yang terlibat, serta kepada penggemar," Akio Toyoda.

Baca Juga: Toyota Anggap Murah Tidaknya Kendaraan Elektrifikasi Tergantung Pajak Dari Pemerintah

Perubahan pertama yang mungkin jadi perhatian. Pada edisi Ogier menampilkan warna baru yang dijuluki 'Matte Stealth Grey'. Sedangkan Rovanpera Edition memiliki cat tiga warna yang terinspirasi dari helm pengemudi.

Hot hatch ini juga mendapatkan stiker kemenangan WRC khusus di sepatbor depan kiri dan kanan. Sementara Edisi Rovanpera mendapat sayap CFRP variabel dari GRMN Yaris, Edisi Ogier mendapat spoiler reli ringan dengan desain baru.

Edisi Ogier menampilkan warna baru yang dijuluki “Matte Stealth Grey.”

Untuk meningkatkan performa kendaraan, terdapat mode-mode baru yang dikembangkan oleh pengemudi. Pada Edisi Ogier, mode Gravel dan Track digantikan oleh Mode Morizo dan 'SEB. Mode', yang mengirimkan lebih banyak torsi ke roda belakang, dan diklaim meningkatkan respons saat berbelok.

Baca Juga: TMMIN Bawa Toyota Mirai, Masih Studi Untuk Ekosistem Hidrogen Di Indonesia

Sementara itu, Edisi Rovanpera mendapatkan Mode Donut, dan Mode Kalle yang memaksimalkan penggunaan diferensial belakang untuk memungkinkan bagian belakang mobil berayun keluar saat memasuki tikungan.

Rovanpera Edition memiliki cat tiga warna yang terinspirasi dari helm pengemudi.

Masuk ke kabin, kedua edisi ini mendapatkan pelat eksklusif untuk memperingati gelar Kejuaraan Reli Dunia Toyota di dasbor sisi penumpang. Selain itu, jahitan setir Ogier Edition menggunakan benang merah, putih, dan biru untuk menghormati tanah kelahirannya, Prancis, sedangkan Edisi Rovenpera mendapat benang biru putih untuk bendera Finlandia.

Toyota berencana membuat hanya 100 unit untuk setiap edisinya, dan pembeli akan diundang ke WRC Jepang pada tahun 2024. Di sana, mereka akan dijamu oleh Toyota, akan diizinkan berinteraksi dengan para pengemudi, dan setelah itu mobil mereka akan diantar ke sana.

Berita Terkait

Berita Terkait