Dua Motor Harley-Davidson Ini Kesayangan Habibie

Dua Motor Harley-Davidson Ini Kesayangan Habibie Habibie saat memamerkan koleksi fotonya di Musium Mandiri. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Mantan Presiden RI ke-3 Bacharudin Jusuf Habibie tutup usia kemarin (11/09). Namun namanya terus terkenang sebagai tokoh yang membawa bangsa Indonesia lebih dikenal dunia international. Pria yang gemar dengan dunia teknologi dan mesin ini juga dekat dengan otomotif.

Selain mengkoleksi mobil-mobil buatan Eropa seperti Mercedes-Benz yang menjadi koleksinya, pria kelahiran Pare pare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 juga memiliki sepeda motor Harley-Davidson yang menjadi kebanggaannya.

Baca Juga: Naik MINI Moke, Menteri PUPR Resmikan Jembatan B.J. Habibie Di Dili

Harley-Davidson Softail dan HD Badboy 1996 koleksi Habibie. (Foto: Istimewa)

Motor salah satu kegemaran Habibie yang jarang diketahui oleh publik. Dua buah motor yang dimilikinya yaitu Softail Springer yang dibeli pada 1994 dan Badboy yang dibeli pada tahun 1996 di Amerika Serikat. Dua motor ini merupakan kesayangannya di antara beberapa motor koleksi Habibie lainnya.

Pelat nomor yang terpasang pada nomor juga memiliki arti, seperti HD Badboy dengan plat nomor B 2506 AH. Angka 2506 merupakan hari kelahiran, sementara huruf AH merupakan kepanjangan dari Ainun dan Habibie.

Dua motor besar milik Habibie itu pernah dipajang di acara Pameran di Museum Bank Mandiri, Jl Stasiun beberapa waktu lalu. Ada beberapa motor buatan Eropa seperti BMW yang diparkir di garasi rumahnya. Namun motor-motor tersebut hanya sebagai pajangan, tidak terlalu dirawat. Dua motor tersebut lah yang menjadi andalan dan dipamerkan kepada masyarakat.

Beberapa motor koleksi Habibie yang ada di garasi rumahnya.

Hal menarik lainnya dari ketertarikan ia terhadap sepeda motor besar, berawal dari saran dokter tentang kesehatannya yang saat itu baru selesai operasi jantung. Dokter pun menyarankan untuk mengendarai motor besar agar bekas jahitan di dadanya kembali normal.

Baca Juga: Harley-Davidson Tengah Mempersiapkan Sepeda Listrik Pertamanya

Dokter tersebut juga memberikan alasan, karena motor besar cenderung memiliki getaran yang besar pada saat mesinnya dinyalakan.