Harley-Davidson Tengah Mempersiapkan Sepeda Listrik Pertamanya

Harley-Davidson Tengah Mempersiapkan Sepeda Listrik Pertamanya

KabarOto.com – Harley-Davidson sebagai produsen motor ternama asal Amerika Serikat, dikabarkan tengah mempersiapkan sepeda listrik pertama mereka selain memproduksi motor listrik bernama Harley-Davidson Livewire, dimana prototype sepeda listrik mereka sudah dipublikasikan beberapa waktu lalu.

Rencananya, Harley-Davidson akan memperkenalkan sepeda listrik ini kepada publik pada pertemuan diler tahunan, namun belum ada konfirmasi resmi selanjutnya dari Harley-Davidson mengenai debut sepeda listrik pertama mereka ini. Varian sepeda listrik yang ditawarkan tidak hanya satu, Harley-Davidson menawarkan 3 model termasuk 2 e-bike untuk penggunaan harian dan satu model dengan bentuk yang mirip seperti mountain bike.

Mengutip dari Electrek.co, tujuan diproduksinya sepeda listrik ini merupakan inisiatif Harley-Davidson More Roads, secara aktif bekerja untuk menginspirasi generasi baru penggendara roda dua di seluruh dunia. Sepeda listrik pertama buatan Harley-Davidson ini, memiliki bobot yang ringan sehingga bisa melesat cepat dan mudah dikendarai oleh siapapun yang menggunakannya.

Sepeda listrik ini didesain untuk digunakan di lingkungan perkotaan. Jika dilihat secara keseluruhan, sepeda listrik ini tampak sama seperti sepeda gowes pada umumnya termasuk dengan piranti lain yang digunakan. Terdapat hal menarik yang bisa ditemukan pada sepeda listrik Harley Davidson ini, jika kita melihat pada salah satu bagian sepeda listrik ini, terdapat motor mid-drive yang terletak di atas engkol.

Baca juga: Asyiknya Mencoba Skuter Listrik Gesits, Ternyata Bisa Berjalan Mundur Loh!

Tidak ada baterai yang disematkan pada sepeda listrik ini, motor yang ada di atas engkol merupakan alat untuk membantu akselerasi sepeda saat digoes, sehingga tarikan lebih ringan dan tidak melelahkan saat menggoesnya. Hal yang menarik dari sepeda listrik ini adalah penggunaan 1 tuas rem yang berbeda dengan sepeda gowes umum yang menggunakan 2 tuas rem.

Rem yang digunakan merupakan rem hidrolik seperti yang dipakai pada sepeda MTB atau sepeda downhill. Berbicara mengenai rem hidrolik, sistem kerja rem hidrolik terhubung dengan beberapa komponen penting seperti master cilinder assy, caliper, rotor (disk brake), tuas rem dan minyak rem. Cara kerjanya, saat tuas rem ditekan maka komponen master cilinder assy akan menekan minyak rem, saat minyak rem ditekan, minyak akan menekan disk brake sehingga terjadi proses pengereman tergantung seberapa besar rem ditekan, semakin kuat rem ditekan maka semakin tinggi gaya pengeremannya.

Penggunaan rem hidrolik sendiri memiliki kelebihan, selain memiliki kinerja yang cukup efisien, rem hidrolik memiliki tenaga yang lebih fleksibel dan Beban dengan mudah dapat dikontrol dengan memakai katup pengatur tekanan (relief valve) sehingga lebih nyaman saat digunakan.

Berbicara soal harga sepeda listrik besutan Harley Davidson ini, belum ada informasi harga resmi yang diberikan dari Harley Davidson sendiri. Namun, diperkirakan akan dibanderol kisaran US$500 hingga US$10.000 atau sekitar Rp 7 juta hingga Rp 140 jutaan. Bagaimana menurut anda?

Apakah sepeda listrik besutan Harley Davidson ini layak untuk masuk pasar Indonesia? (Nora Dian Pratama)