POPULAR STORIES

Dua Ruas Tol Baru Bakal Beroperasi Akhir Tahun 2020

Dua Ruas Tol Baru Bakal Beroperasi Akhir Tahun 2020

KabarOto.com - Walau di tengah pandemi PT Jasa Marga (Persero) tetap meneruskan pembangunan, tentunya dengan memerhatikan protokol Covid-19.

Pada 2020 ini, ada dua ruas tol yang ditargetkan akan beroperasi. Dua ruas ini akan masuk ke jaringan Jalan Tol JORR II, yaitu Jalan Tol Serpong - Cinere dan Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran.

Ruas Jalan Tol Serpong - Cinere direncanakan beroperasi secara fungsional di akhir tahun. PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) sebagai pihak yang mengelola merasa optimis, karena progres konstruksinya sudah lebih dari 80 persen.

"Progres konstruksinya hingga 30 Juli 2020 telah mencapai 83,33 persen dan diperkirakan dapat difungsionalkan bulan Desember 2020," jelas Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari.

Baca Juga: Ditambah 4 Fasilitas Baru, Rest Area Tol Batang - Semarang Makin Lengkap

Jalan Tol Serpong - Cinere memiliki total panjang 10,14 km. Ada dua seksi, yaitu Seksi 1 Serpong - Pamulang sepanjang 6,59 km dan seksi 2 Pamulang - Cinere sepanjang 3,55 km. Nantinya, jalan tol ini akan tersambung Serpong-Kunciran dan Cinere - Jagorawi.

Selanjutnya, PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) juga menargetkan ruas Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran beroperasi secara fungsional pada akhir tahun. Saat ini progress pembebasan lahan telah mencapai 89,94 persen dan konstruksi mencapai 87,11 persen.

"Direncanakan akhir Tahun 2020, seluruh Seksi Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran siap dioperasikan secara fungsional," ungkap Direktur PT JKC Agus Suharjanto.

Baca Juga: Urai Kepadatan, Gerbang Tol Cikunir 4 Dioperasikan

Tol sepanjag 14,19 km ini akan terbagi menjadi 4 seksi, yaitu seksi 1 Simpang Susun Kunciran - Underpass Tirtayasa sepanjang 2,04 km. Kemudian, seksi 2 Underpass Tirtayasa - Underpass Benteng Betawi sepanjang 3,52 km.

Seksi 3 Underpass Benteng Betawi - Underpass Husein Sastranegara sepanjang 6,57 km. Terakhir seksi 4 Underpass Sastranegara - Simpang Susun Benda sepanjang 2,06 km.