POPULAR STORIES

Urai Kepadatan, Gerbang Tol Cikunir 4 Dioperasikan

Urai Kepadatan, Gerbang Tol Cikunir 4 Dioperasikan

KabarOto.com - Lalu lintas menuju DKI Jakarta kembali terpantau padat. Demi mengantisipasi kepadatan Gerbang Tol (GT) Cikunir 2, kini GT Cikunir 4 diaktifkan oleh Jasamarga Metropolitan Tollroad.

GT Cikunir 4 khusus melayani transaksi tol ke arah Jati Asih mulai 11 Agustus, pukul 00.00 WIB. Ini dilakukan untuk mengurai kepadatan di Cikunir 2 dari arah Cikampek dan sekitarnya, menuju Jakarta. Pemisahan arus kendaraan di kedua GT diharapkan bisa mengantisipasi antrean saat transaksi.

Baca Juga: Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa Dapat Penyesuaian Tarif

Adanya dua GT yang dioperasikan, maka terbagi pula jalur tujuannya. Seperti GT Cikunir 4 untuk dilalui oleh pengendara mengarah ke Jati Asih, Jagorawi, Pondok Indah, dan Serpong. Sementara GT Cikunir 2 untuk pengguna menuju Pondok Kelapa, Bintara, dan Tanjung Priok.

Pemisahan jalur juga berarti kendaraan yang masuk GT Cikunir 2 menuju Tanjung Priok tidak lagi bisa memotong jalur, untuk masuk ke arah Jati Asih.

Baca Juga: Lakukan Rekonstruksi Di Ruas Tol Jakarta-Cikampek, Hati-hati Ada Skema Buka Tutup Jalan

Selain mengoperasikan Gerbang Tol, Jasamarga juga menambah gardu tol untuk semakin mempercepat proses transaksi. Total ada 15 gardu baik GTO Multi maupun Oblique Approach Booth (OAB).

"Total menjadi 15 gardu dengan rincian GT Cikunir 4 memiliki 8 gardu dan GT Cikunir 2 memiliki 7 gardu," jelas General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Oemi Vierta Moerdika.

Berlakunya dua GT tidak mengubah tarif tol, pengguna tetap menggunakan tarif JORR saat ini yaitu 15.000 (Golongan 1), 22.500 (Golongan 2), 22.500 (Golongan 3), 30.000 (Golongan 4) dan 30.000 (Golongan 5).