Ducati Bakal Bikin Skuter Listrik Bersama Produsen Asal Cina?

Ducati Bakal Bikin Skuter Listrik Bersama Produsen Asal Cina? Ducati sedang melakukan ujicoba skuter listrik (ist)

KabarOto.com - Bisa dibilang, saat ini era kendaraan elektrik sudah semakin dekat. Hampir semua pabrikan otomotif, baik sepeda motor maupun mobil telah memproduksi varian produk bertenaga listrik.

Trend elektrifikasi ini rupanya juga menghampiri produsen sepeda motor Ducati. Pabrikan asal Italia tersebut, diketahui tengah melakukan kerja sama dengan V Moto, pembuat skuter yang berbasis di Nanjing, Cina.

Baca juga: Profil - Ducati Scrambler Cafe Racer

Dikabarkan, mereka melakukan kerjasama dalam pengembangan sebuah skuter baru yang akan menggunakan tenaga listrik. V Moto saat ini dikenal memproduksi e-sepeda dengan merek Super Soco dan skuter listriknya adalah CUx.

Menggunakan basis V Motor CUx

Seperti dilansir electrek.co, Selasa (14/05/2019), V Moto mengumumkan bahwa pihaknya telah membuat perjanjian dengan Ducati untuk menghasilkan produk skuter listrik yang resmi di bawah lisensi Ducati.

Menurut V Moto, model e-scooter terbaru yang basisnya berasal dari model CUx itu, nantinya akan menjadi skuter versi mewah dengan harga premium.

Namun E-scooter yang tetap menggunakan merek Ducati ini, akan didistribusikan dan dijual melalui jaringan dealer V Moto yang ada saat ini tetapi aspek pemasaran akan berada di bawah lingkup Ducati.

Menggunakan livery Ducati

"Kesepakatan ini akan memungkinkan penggemar Ducati memiliki kesempatan untuk mengakses kendaraan listrik roda dua premium dan berkualitas tinggi yang dipasok oleh Vmoto dan menciptakan lebih percaya diri kepada distributor V Moto yang berkembang terutama di Eropa," kata Charles Chen, direktur pelaksana V Moto.

Rencananya, e-scooter ini akan ditenagai oleh motor listrik Bosch 2,8 kW atau setara 3,75 dk. Dengan tenaga tersebut, skuter listrik itu dapat dipacu hingga kecepatan tertinggi 45 kpj.

Dilengkapi kamera di bagian depan

Sumber tenaganya berasal dari paket baterai berkekuatan 1,8 kWh 60 volt, dengan waktu pengisian ulang antara tujuh hingga delapan jam. Bila terisi penuh, baterai tersebut dapat memberikan tenaga hingga jangkauan 75 km.

Baca juga: Baru Datang, Ducati Panigale V4 S Pertama Di Indonesia Sudah Terjual

Menariknya skuter tersebut dibekali dengan sebuah kamera yang dipasang di dasbor depan, fungsinya adalah sebagai dash cam dan kamera aksi. Sayangnya, Ducati belum mengungkap kapan skuter tersebut akan mulai dijual, begitu juga dengan harganya.