Ducati Lahirkan Motor Trail 450cc?

Ducati Lahirkan Motor Trail 450cc?

KabarOto.com - Sungguh hal yang aneh jika penggila roda 2 paham akan lompatan besar Ducati yang menjajaki dunia garuk tanah. Pasalnya, selama ini mereka terkenal membuat motor sport dan touring dengan kapasitas mesin besar.

Meski kabar ini masih sulit dipercaya, belakangan ini banyak beredar rumor di berbagai situs berita jika Ducati memang tengah menggodok rencana untuk masuk ke pasar motor trail.

Foto-foto tentang motor trail Ducati berkapasitas 450cc juga telah gentayangan di dunia maya. Hanya saja, gambar tersebut memang bukan desain asli dari Ducati. Melainkan karya Oberdan Bezzi, yang secara teratur menerbitkan konsep desain yang memimpikan motor itu dibuat oleh Ducati.

Tentu saja akan menarik jika karya Bezzi ini menjadi kenyataan. Karena bisa kita spekulasikan pemakaian mesin satu silinder desmodromic, tentu akan menjadi salah satu yang terbaik di panggung motor trail.

Baca Juga: Sikat Nih! Piaggio Indonesia Lagi Kasih Diskon Sampai Rp 10 Juta

Claudio Domenicali yang menjabat sebagai CEO Ducati seperti dilansir Asphalt & Rubber juga tampak kurang antusias tentang gagasan untuk masuk ke ruang motorcross. Gagasan dengan desain motor trail 450cc, yang dapat dimanfaatkan untuk kepindahan Ducati ke pasar berkembang juga sedikit melenceng.

Alasan lain yang membuat Ducati hampir tidak mungkin membangun motor trail, adalah karena pasar tersebut saat ini sudah dipenuhi oleh 6 merek berbeda. Seperti KTM, Husqvarna, Suzuki, Kawasaki, dan Honda. Keenam produsen tersebut membangun produk yang sangat mirip. Produsen lain yang akan masuk ke segmen motor trail kemungkinan akan membutuhkan perubahan signifikan. Mulai dari desain dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jika Ducati akhirnya merealisasikan mimpi para penggemarnya untuk membangun motor trail, maka bisa meniru gaya MV Agusta. Masuk ke pasar motocross, MV Agusta telah mendominasi dengan merek Cagiva. Apakah ada merek Italia lain yang akan mengikuti jejak mereka?

Karena belum lama ini, beredar kabar jika Ducati tengah dalam rencana untuk dijual. Kabarnya pula, KTM memiliki niatan untuk meminang Ducati. Jika pembelian Ducati oleh KTM menjadi nyata, maka tidak menutup kemungkinan Ducati akan masuk ke pasar motor trail.