Ducati Panigale V4 SP, Cocok Untuk Pecinta Sirkuit

Ducati Panigale V4 SP, Cocok untuk Pecinta Sirkuit Sumber Foto : Ducati

KabarOto.com – Pabrikan motor asal Italia, Ducati, baru saja meluncurkan produk terbaru yaitu Ducati Panigale V4 SP. Motor ini ditujukan bagi penggemar kecepatan dan pecinta balapan di sirkuit.

Ducati Panigale V4 SP merupakan motor balap yang dibuat dalam jumlah terbatas. Karena motor ini merupakan edisi terbatas, terdapat nomor seri yang terukir di triple clamp.

Baca Juga :Sepi Peminat, Yamaha R6 Tidak Lagi Diproduksi

Lalu mengapa motor ini hanya untuk sirkuit? Karena soal performa motor ini sangat gahar Sob! Motor balap ini menggunakan mesin Desmosedici Stradale Panigale V4 SP berkapasitas 1.103 cc yang dapat menghasilkan tenaga hingga 214 dk pada 13.000 rpm dan torsi 124 Nm di 9.500 rpm.

Performa tersebut disalurkan ke transmisi dry clutch 6 percepatan STM-EVO SBK yang sudah Quickshifter up and down. Walau bertenaga besar, mesin ini tetap ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar emisi Euro 5.

Dari segi tampilan, motor ini berwarna hitam doff dengan livery unik garis merah dan warna logam di tangki bahan bakar, seperti Ducati Winter Test. Bentuk lampu seperti V4 R, namun terdapat beberapa komponen yang terbuat dari serat karbon seperti spatbor depan, pelindung transmisi dan winglet.

Bagian kaki-kaki pelek ukuran 17 inci dengan model lima palang berbahan serat karbon, dibalut ban Pirelli Diablo Supercorsa, dan pelek ini diklaim lebih ringan 1,4 kg dari pelek milik V4 R yang berbahan aluminium. Mengimbangi performa mesin, sistem pengereman memakai kaliper Brembo Stylema R. Bicara soal bobot, Panigale V4 SP memiliki berat total 173 kg alias lebih ringan 1 kg dari V4 S.

Lalu, bagian suspensi depan Ohlins NIX-30 dan Ohlins TTX36 di belakang. Ditambah steering damper yang dikendalikan secara elektronik melalui sistem Ohlins Smart EC 2.0.

Motor sport ini juga dilengkapi perangkat elektronik Race Riding Mode, memungkinkan pengendara menyimpan pengaturan mesin dan suspensi yang dapat disesuaikan tergantung kondisi lintasan. Lalu, motor ini memiliki sistem Ducati Traction Control Evoluzione 3 (DTC Evo 3) yang berfungsi mengatur sistem traksi saat melakukan cornering.

Baca Juga : 2 Pilihan Ducati XDiavel, Makin Pekat Dan Bertenaga

Jika kurang puas, terdapat item tambahan seperti penutup dudukan nomor dan spion serta paket opsional modul Ducati Data Analyzer+ untuk pencatatan data melalui sistem GPS.

Bicara soal harga, Ducati Panigale V4 SP dibanderol US$37.000 atau setara Rp 526 jutaan dan akan hadir pada bulan Maret 2021. Jadi bagaimana Sob, tertarik membeli motor ini?

Berita Terkait

Berita Terkait