POPULAR STORIES

Duh, Tes Pramusim MotoGP 2021 Di Malaysia Batal!

Duh, Tes Pramusim MotoGP 2021 di Malaysia Batal! Sirkuit Sepang, Malaysia

KabarOto.com – Tes pramusim MotoGP 2021 yang direncanakan berlangsung di Sepang, Malaysia pada 19-21 Febuari mendatang, ternyata dibatalkan. Hal ini dilansir resmi oleh FIM, IRTA, dan Dorna Sports melalui website resmi MotoGP.

Sebelumnya karena pandemik Covid-19 yang tak kunjung selesai, pemerintah Malaysia sempat menutup akses perjalanan luar negeri untuk mengurangi penyebaran virus. Namun, setelah melakukan pendekatan ke pemerintah Malaysia, akhirnya tes pramusim di Sepang mendapatkan lampu hijau.

Baca Juga : Kondisi Fausto Gresini Dikabarkan Mulai Stabil

Berdasarkan rencana awal agar tes pramusim berjalan lancar, tentu harus menjalani protokol kesehatan yang ketat. Nantinya semua kru tim dan pembalap tidak harus menjalani karantina selama 7 hari, sebagai gantinya sebelum berangkat wajib melakukan tes swab dengan hasil negatif harus dilakukan 48 jam sebelum keberangkatan dan setibanya di Malaysia harus menjalani tes swab lagi di bandara.

Sambil menunggu hasil tes swab, para crew dan pembalap harus menginap di hotel bandara yang jaraknya 12 km dari sirkuit Sepang. Bagi siapapun yang ingin ke sirkuit hanya boleh dilakukan dengan bis antar-jemput yang sudah disediakan.

Seperti musim 2020, setiap tim akan memiliki jumlah orang yang terbatas di pit, tetapi wild card akan diizinkan. Untuk jaga-jaga, pihak Dorna dan beberap tim sedang mempertimbangkan pembelian vaksin untuk anggotanya.

Sirkuit Losaiil, Qatar

Baca Juga : Franco Morbidelli Jadi Andalan Yamaha Perebutkan Titel MotoGP 2021

Selain Malaysia, tes pramusim kedua di Sirkuit Losail, Qatar pada 10-12 Maret mendatang tetap berjalan sesuai rencana. Namun, berbeda di Qatar yang memberikan sedikit kelonggaran dengan membebaskan timnya untuk memilih hotel yang mereka mau. Walaupun diberikan kelonggaran tetap setiap tim harus menjalani protokol kesehatan.

Sangat disayangkan, demi keselamatan seluruh pembalap dan kru, ada kebaruan keputusan dari FIM, IRTA, dan Dorna Sports pada Selasa (12/1), yang menyatakan latihan pramusim bulan Februari 2021 dibatalkan.

Meninjau perkembangan pandemik Covid-19 dan ada yang menerapkan kembali lockdown dan segala keterbatasan yang berdampak perlunya pembatalan kegiatan tersebut yang sedianya digelar di Sepang International Circuit, di Malaysia pada bulan Februari.

Sedangkan tes Qatar, sedianya akan berlangsung di Losail International Circuit pada 10-20 Maret. Namun akan dikonfirmasi lanjutan bila terdapat perubahan yang memang perlu dipertimbangkan.