Dukung Keselamatan Di Jalan Raya, KNKT Beri Penghargaan Pada Hino

Dukung Keselamatan di Jalan Raya, KNKT Beri Penghargaan Pada Hino Truk Hino berada di jalan Tol Jakarta - Cikampek

KabarOto.com - Dalam rangka meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, melalui pengujian kendaraan bermotor, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memberikan penghargaan kepada PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI).

Produsen asal jepang ini, adalah satu-satunya merek kendaraan komersial yang mendapat penghargaan. Hino dianggap selalu menjunjung tinggi budaya keselamatan dijalan, safety driving, dan kampanye aman berkendara melalui kegiatan–kegiatan yang dilakukan.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan, Hino Gelar Kontes Ini

Penghargaan ini diraih karena Hino selalu mengedepankan kesadaran, budaya tertib berlalu lintas untuk mencegah kecelakaan lalu lintas di jalan. Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI mengatakan, pihaknya terus mendukung program-program yang dijalankan oleh Pemerintah, sebagai pelopor keselamatan.

Hino meraih penghargaan dari KNKT

Santiko menambahkan, untuk menanamkan budaya keselamatan nomor 1 dalam berkendara di jalan, Hino mengadakan kegiatan untuk memperkuat edukasi kepada masyarakat. Sebelum pandemik, Hino memulai kegiatan Hino Safety Driving Competition yang digelar sebanyak 31 kali pada 23 kota diseluruh Indonesia.

"Program ini diikuti 2.275 pengemudi dari 1.687 perusahaan. Kegiatan ini diakui oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Kompetisi Safety Driving Pertama di kelas truk ringan. Rekor yang kedua adalah kompetisi safety driving peserta terbanyak," tambah Shantiko.

Selain itu juga menjalankan program Training of Trainer (ToT), untuk mencetak Instruktur Pengemudi yang andal. Program ini melahirkan instruktur pengemudi yang dapat memberikan pelatihan mengemudi di perusahaan secara mandiri. "Dengan begitu, pengemudi mendapat pengetahuan dan angka kecelakaan akan berkurang," paparnya.

Baca Juga: Gaikindo Revisi Target, Hino Optimis Hadapi Kondisi Pasar Tahun 2021

Untuk mendukung penuh Kementerian Perhubungan, KNKT dan juga Kepolisian, Hino aktif mengirimkan tim teknis untuk membantu mengungkap data–data atau investigasi jika ada kendaraan yang mengalami kecelakaan. Tim teknis akan memberikan hasil temuan yang transparan untuk menjadi rekomendasi, saran ataupun pertimbangan.