POPULAR STORIES

Gaikindo Revisi Target, Hino Optimis Hadapi Kondisi Pasar Tahun 2021

Gaikindo Revisi Target, Hino Optimis Hadapi Kondisi Pasar Tahun 2021 Hino optimis penjualan tahun 2021 kembali normal

KabarOto.com - Gabungan Indistri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target mereka tahun 2020 ini. Awalnya Gaikindo menetapkan 1 juta unit untuk penjualan mobil. Karena pandemik Covid-19, mereka pun revisi menjadi 600.000 unit. kemudian beberapa waktu lalu, gaikindo kembali merevisi dengan terget sebanyak 526.000.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menanggapi revisi target yang dilakukan oleh Gaikindo. Menurut Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) HMSI, hal yang wajar di tengah pandemik Covid-19 yang belum juga berakhir sampai akhir tahun 2020 ini.

Baca Juga: Hino Perpanjang Masa Garansi Konsumen Selama 6 Bulan

"Saya kira wajar di tengah kondisi yang tidak menentu. Harus menyesuaikan terus target," ujar Santiko Wardoyo, kepada media, secara virtual, Selasa (10/11).

Namun saat ini, Santiko bicara tentang rencana mereka di tahun 2021. "Kami masih melihat, vaksin sepertinya masih menunggu, karena itu menjadia acuan juga," terang Shantiko.

Truk Hino

Selain itu, kondisi perbankan juga menjadi faktor penentu. "Penjualan truk itu tergantung dari Perbankan, bagaimana kondisinya," paparnya. Selama Pandemik, banyak customer yang ikut program restrukturisasi, membuat pendanaan menjadi terhambat.

"Penjualan truk 99% masih bergantung dari pendanaan, dan restrukturisasi menghambat pendanaan," tambah Santiko. Dia menambahkan,untuk bisa berjalan tahun 2021, pemerintah harusmemberikan dukungan stimulus, di semua daerah.

Selanjutnya yang akan dilakukan HMSI adalah melakukan pembenahan ke karyawan, agar supaya bisa menjadi trusted people yang dapat melayani konsumen. "Marketing digital kita lakukan, salah satunya melalui tokopedia," terang Shantiko lagi.

Baca Juga: Hino Perkenalkan Truk Dengan Sistem Hybrid Dan Listrik

Strategi yang sudah dilakukan sekarang adalah memperkenalkan produk baru Flexi Cab dan unit delight truck. "Flexi cab unit bus ini sifatnya siap pakai," tuturnya. Ia memberi contoh untuk digunakan sebagai ambulance dan angkutan lainnya.

Selanjutnya adalah prime Cab, mini dutro micro bus yang siap pakai. "Konsumen tidak perlu menunggu lagi, tinggal pakai saja," tuturnya. Mereka pun optimis keadaan akan semakin membaik di tahun 2021.