POPULAR STORIES

Dukung Pemerintah, Auto2000 Sediakan Fasilitas Uji Emisi Gas Buang

Dukung Pemerintah, Auto2000 Sediakan Fasilitas Uji Emisi Gas Buang

KabarOto.com - Pemerintah telah menetapkan, September 2018 nanti semua model kendaraan yang dijual di Indonesia harus lulus standar uji emisi Euro4. Untuk mendukung peraturan tersebut, Auto2000 sediakan fasilitas uji emisi gas buang yang lengkap dan modern di seluruh bengkel resmi. Fasilitas ini siap untuk melakukan uji emisi sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Fasilitas tersebut juga didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten untuk melaksanakan uji emisi gas buang dengan hasil pengujian yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Mobil Toyota yang lulus uji emisi diharapkan dapat menyumbangkan peran dalam menurunkan kadar pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor. Sedangkan untuk mobil Toyota yang belum lulus uji emisi akan dilakukan pemeriksaan dan perbaikan lebih lanjut sehingga dapat mendeteksi lebih dini risiko kerusakan atau malfungsi pada mesin sehingga bisa lulus uji emisi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Uji emisi yang dilakukan oleh Auto2000 tidak dipungut biaya sepanjang dilakukan bersamaan dengan servis berkala.

Baca Juga: Auto2000 Kini Rambah Bisnis Mobil Bekas Via Toyota Trust

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, diadakan pelatihan untuk teknisi Auto2000. Pelatihan ini bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta dalam memasukkan data hasil uji emisi kendaraan ke laman website yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup.

Data hasil uji emisi gas buang tersebut dapat diakses oleh pemilik mobil Toyota atau masyarakat lewat aplikasi E Uji Emisi yang bisa diunduh di smartphone dengan sistem Android. Hasil uji emisi yang tertera pada aplikasi dapat dicetak dan terdapat barcode, sehingga barcode tersebut dapat di-scan untuk keperluan administrasi kendaraan, seperti syarat perpanjangan STNK.

Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000 mengatakan, fasilitas uji emisi lengkap dan modern serta teknisi andal yang kompeten dalam melaksanakan tugasnya merupakan bukti keseriusan Auto2000 untuk mendukung program pemerintah dalam menerapkan standar uji emisi kendaraan bermotor Euro4.

"Auto2000 mengajak seluruh pemilik mobil Toyota agar dapat melakukan uji emisi gas buang saat servis berkala, baik di bengkel resmi Auto2000 atau lewat layanan THS – Auto2000 Home Service yang bisa di-booking via aplikasi Auto2000 Mobile, guna menurunkan kadar pencemaran udara akibat gas buang kendaraan bermotor dan meningkatkan kualitas udara sehingga tercipta lingkungan hidup yang bersih dan nyaman,” terang Ricky

Dia menambahkan, khusus untuk wilayah DKI Jakarta, keandalan tersebut didukung oleh kecakapan teknisi bengkel Auto2000 dalam memasukkan data uji emisi ke dalam website milik Dinas Lingkungan Hidup sehingga dapat diakses melalui aplikasi E Uji Emisi yang dibuat oleh Dinas lingkungan Hidup dari smartphone pengguna mobil Toyota dan nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.