POPULAR STORIES

Duo Pembalap LCR Honda Keluhkan RC213V 2022

Duo Pembalap LCR Honda Keluhkan RC213V 2022 Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Dua pembalap LCR Honda, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami mengungkapkan bahwa RC213V memiliki masalah pada bagian depan.

Motor anyar tim berlogo sayap tunggal itu tampak kompetitif sejak tes pramusim dan di MotoGP Qatar di tangan Pol Espargaro (Repsol Honda). Dirinya berhasil meraih podium ketiga di Sirkuit Losail, Qatar.

Baca Juga : Jadwal MotoGP Amerika 2022

Tetapi setelah seri pembuka tersebut, terlihat seluruh pengguna RC213V tim pabrikan berada di grup depan. Sedangkan, pembalap LCR Honda berada di zona tengah ke bawah. Usai melihat hasil tersebut, kedua pembalap melakukan evaluasi dan ditemukan kesamaan terkait penyebab performa kurang kompetitif.

“Ini garis bagus untuk jadi kompetitif di atas motor ini atau tidak. Itu juga berlaku pada punggungan, apakah anda bertahan atau tetap bertahan. Pertanyaan ini berhubungan dengan feeling dan kepercayaan. Dalam kasus saya setelah Qatar, saya sering kehilangan grip ban depan. Gaya balap Pol mungkin lebih cocok denghan motor ini, tapi Marc, Taka dan saya sendiri keawalahan. Kami perlu memahami lebih jauh tentang motor ini,” ungkap Alex Marquez.

Pembalap bernomor 73 tersebut menilai bahwa timnya sudah mengetahui pokok permasalahan dan siap melakukan perubahan set-up. Ia beserta rekannya juga harus siap mengubah gaya balap. Selain masalah ban depan, RC213V juga berusaha menambahkan grip pada ban belakang.

Baca Juga : Marc Marquez Yakin Pulih, Ikutan MotoGP Amerika 2022

Nakagami juga memiliki masalah yang sama

Ia menegaskan, pihak tim juga akan mengerjakan bagian sasis dan kekakuan suspensi depan. "Kami memiliki masalah dengan bagian depan yang belum dipahami. Semoga ini hanya masalah waktu dan set-up untuk bisa menghadapi balap hingga akhir musim,” lanjut Alex.

Masalah yang sama juga diutarakan oleh Takaaki. Takaaki mengaku masih mencari feeling dengan roda depan. "Konsep motor ini lebih mencari grip di belakang. Tetapi, konsekuensinya bagian depan lebih sensitif,” ungkap Takaaki Nakagami.

Untuk MotoGP Amerika pada akhir pekan ini, pembalap asal Jepang itu akan turun dengan sasis berbeda selama sesi Latihan Bebas (FP).

“Selama uji coba musim dingin cukup bagus, tapi setelah Qatar kami kekurangan grip belakang di Indonesia dan Argentina. Bagian roda belakang juga sering melintir, sehingga sulit memperlambat motor. Tentu itu sangat menyulitkan dalam mencetak waktu lap tercepat," beber Nakagami.